Rabu, Juni 19, 2024
BerandaEkonomi BisnisImbas Isu Tsunami, Suasana Pantai Anyer Sepi

Imbas Isu Tsunami, Suasana Pantai Anyer Sepi

CILEGON.BCO.CO.ID – Sepanjang Kawasan Objek Wisata Pantai Anyer Cinangka di Kabupaten Serang, tampak sepi dari kunjungan wisatawan yang berlibur di area pantai ini.

iklan

Pantauan BCO Media Sabtu 04 Desember 2021, sejumlah pantai umum dari mulai Anyer sampai ke Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, terpantau tampak lengang. Padahal sebelumnya, jika libur akhir pekan kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jabodetabek bahkan bisa menyebabkan macet.

Meskipun begitu, masih ada saja beberapa wisatawan yang berkunjung ke area ini untuk bermain di area pantai.

Sepinya kunjungan akibat isu tsunami membuat para pelaku usaha industri pariwisata di kawasan tersebut mengeluh. Bahkan, tingkat hunian juga turut menurun karena banyak yang membatalkan rencana liburannya pada saat libur natal dan tahun baru.

“Kalau saat ini masih ada, kalau untuk periode natal dan tahun baru itu banyak yang membatalkan reservasinya,” ungkap Agus Zaenal, GM Regal Raya Cottage.

Dikatakan Agus, kondisi gelombang sendiri di kawasan ini relatif aman. Namun, masih saja terjadi hujan dengan intensitas sedang.

“Sebenarnya kalau gelombang mah kecil masih aman, Gunung Anak Krakatau juga aman kok, paling hujan aja karena sekarang musimnya. Sebenarnya imbas pernyataan BMKG itu adalah ke psikologis masyarakat yang khawatir, akhirnya banyak warga disini juga resah apalagi banyak pelaku usaha yang menggantungkan hidupnya dari industri pariwisata,” ujarnya.

Senada dikatakan Rizal, salah seorang pemandu wisata lokal mengungkapkan, tamu yang hendak berlibur pada momen natal dan tahun baru banyak yang membatalkan rencananya di kawasan ini. Ia menyebut, jika imbas isu itu mempengaruhi pendapatan sebagai pemandu wisata.

“Anjlok bener-bener anjlok, tamu-tamu yang reservasi 70 persen pada cancel semua. Iya itu periode natal sama tahun baru, karena takut oleh isu tsunami,” kata Rizal.

Ia berharap Pemda Kabupaten Serang dapat memberikan solusi demi menumbuhkan ekonomi warga di wilayah objek wisata tersebut, karena banyak warga yang mencari nafkah di sekitar Objek Wisata Pantai Anyer Cinangka. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments