Selasa, Juli 16, 2024
BerandaEkonomi BisnisGeger Cilegon Kota Terkaya Nomor 4 se-Indonesia, Begini Penjelasan BPS

Geger Cilegon Kota Terkaya Nomor 4 se-Indonesia, Begini Penjelasan BPS

CILEGON.BCO.CO.ID – Sebagai wilayah dengan pertumbuhan industri yang semakin pesat, Kota Cilegon dinobatkan sebagai daerah terkaya di Indonesia nomor 4 setelah Kediri, Bontang, dan Jakarta dengan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 233,02 sesuai data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020. Hal ini juga dirilis oleh Goodstats.id.

Menanggapi hal ini, Koordinator Fungsi Statistik BPS Kota Cilegon Adji Subekti menyampaikan, nilai tersebut diakuinya belum secara rill dengan pendapatan per kapita. Pasalnya, PDRB sendiri adalah kalkulasi rata-rata produk yang mana hasilnya (Profit) yang dibawa keluar wilayah Kota Cilegon.

Kendati begitu, Adji tak menampik jika kondisi Kota Cilegon yang dipadati oleh industri besar bisa mencatatkan nilai PDRB tinggi meskipun hasilnya di luar wilayah kota dollar ini. “Di Cilegon itu banyak perusahaan-perusahaan besar yang kantor perusahaannya banyak sekali yang tidak ada di Cilegon. Otomatiskan pedapatan-pendapatan lain di bawa ke luar, jadi Cilegon mungkin hanya mendapat bagian misalnya tenaga kerja dan yang bukan intinya. Tapi profit-profitnya dibawa sama perusahaannya,” terang Adji Subekti, Senin 21 Maret 2022.

Adji menjelaskan, banyaknya perusahaan multinasional yang mampu memproduksi dengan jumlah yang besar inilah yang tercatat pada PDRB. Meskipun begitu, nilai ini masih bersifat global alias belum secara rinci. “Kalau cerita misalkan Cilegon terkaya dari sisi produksi iya, tapi kalau rill-nya belum tentu segitu,” jelasnya.

Disinggung soal bisnis mikro seperti usaha UMKM, Adji menuturkan, dari hasil survei pada sektor UMKM sendiri BPS mendapati jika usaha tersebut banyak yang tutup. “Kemarin kami survei juga banyak yang tutup,” terang Adji.

Sekedar diketahui, meskipun nilai PDRB Kota Cilegon mencapai angka 233,02 namun tingkat pengangguran terbuka (TPT) di kota industri ini masih terbilang cukup banyak yakni sekitar 10,13 persen. Angka tersebut juga membuat Kota Cilegon sebagai kota dengan pengangguran terbanyak kedua di Banten setelah Kabupaten Tangerang. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments