Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaPemerintahanDisebut Banyak Inovasi, Kelurahan di Cilegon Ini Juara Satu Lomba Kelurahan se-Banten

Disebut Banyak Inovasi, Kelurahan di Cilegon Ini Juara Satu Lomba Kelurahan se-Banten

CILEGON, BCO.CO.ID – Kelurahan Bendungan yang berada di Kecamatan/Kota Cilegon keluar sebagai juara pertama lomba kelurahan se-Banten yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten.

Menurut Lurah Bendungan Maman Herman, prestasi yang disabet instansinya itu berkat banyaknya inovasi di setiap bidang. Baik itu pelayanan, keamanan, hingga pemberdayaan masyarakat. “Disamping datang rombongan dari DPMD Banten juga mengumumkan bahwa Kelurahan Bendungan menjadi juara pertama tingkat provinsi,” kata Maman Herman, kepada wartawan, Kamis 26 Agustus 2021.

Kata Maman, berbagai inovasi disiapkan oleh instansinya untuk mengikuti lomba tersebut mulai dari lomba PPKM tingkat RW di kelurahan hingga Tembok Isoman yang menjadi viral dan banyak di contoh wilayah lain. “Kita membuat inovasinya ditambah dengan memberikan apresiasi dengan memberikan gelar juara pada lomba PPKM dan yang kedua adalah tembok isoman,” jelasnya.

Di tempat sama Kepala DPMD Provinsi Banten Enong Suhaeti memaparkan, indikator penilaian yang dilakukan tim penilai mancakup dari tata kelola pemerintah, ekonomi, pendidikan kemasyarakatan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Disini sifatnya yang kita lihat pemberdayaannya. Kemudian aspek ekonomi, disini ternyata home industri masayrakatnya sudah memiliki kreativitas, punya inovasi untuk bagaimana mereka menambah penghasilan di keluarga,” kata Enong Suhaeti.

Enong bahkan mengaku terkejut dengan hadirnya industri rumahan yang memiliki pendapatan cukup besar di kelurahan ini. Menurutnya, sebelum pandemi Covid-19 pelaku usaha industri rumahan ini memiliki pendapatan hingga 50 juta rupiah.

“Kalau kita melihat lingkungan, penataan dan sebagainya ini udah lumayan. Intinya memang dalam kriteria itu, tinggal kita penambahan saja,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments