Senin, Mei 20, 2024
BerandaLingkunganCemari Laut, Relawan AMB Gunakan Alat Berat Angkut Sampah di Samping Dermaga...

Cemari Laut, Relawan AMB Gunakan Alat Berat Angkut Sampah di Samping Dermaga Eksekutif

CILEGON, BCO.CO.ID – Sejumlah relawan yang tergabung dalam Aliansi Merak Berdaulat (AMB), mengerahkan alat berat untuk mengangkut sampah di sekitar pantai yang bersebelahan dengan Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, atau berada di Lingkungan Medaksa, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Sabtu 23 Oktober 2021.

Koordinator AMB Adi Saban mengatakan, aksi tersebut dilakukan organisasinya demi mencegah pendangkalan laut yang disebabkan tumpukan sampah yang mencemari wilayah tersebut. Selain itu, hal ini juga guna menjaga ekosistem laut agar tetap lestari. “Tadinya mau sebelahnya, karena dangkal dari 3 meter sekarang jadi 1 meter. Kemudian karena ada saran dari masyarakat akhirnya kita tergerak untuk mengangkut sampah yang mencemari laut itu,” kata Adi Saban, Koordinator AMB, kepada BCO Media.

Dalam melaksanakan kegiatan itu, pihaknya bekerjasama dengan PT Timas Merak yang membantu meminjamkan alat berat berupa excavator. Dijelaskan, sampah-sampah yang mencemari laut itu kemudian ditimbun dalam lubang yang telah dipersiapkan. “Kalau diangkut menggunakan truk, kayaknya enggak cukup. Sampahnya banyak, makanya kita bikin lubang kemudian ditimbun,” ujarnya.

iklan
iklan

Untuk mengatasi permasalahan sampah, pihaknya meminta Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon untuk menyediakan bak penampungan sampah agar warga sekitar memiliki tempat pembuangan sampah.”Kita minta DLH sediakan tempat penampungan sampah,” imbuhnya.

iklan

Sebagai informasi, pencemaran laut pesisir sudah terjadi begitu lama tanpa perhatian. Bahkan, sampah rumah tangga yang berada di laut ini juga menimbulkan bau tak sedap sampai membuat air laut menjadi hitam pekat. []

iklan
RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments