Selasa, Juli 16, 2024
BerandaPemerintahanBolos Sekolah, 7 Siswa SMP dan SLTA di Cilegon Terjaring Razia

Bolos Sekolah, 7 Siswa SMP dan SLTA di Cilegon Terjaring Razia

CILEGON.BCO.CO.ID – Petugas dari Dinas Satpol PP Kota Cilegon merazia 7 siswa sekolah tingkat SMP dan SLTA yang kedapatan bolos saat jam belajar berlangsung di Kawasan Krakatau Junction, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Senin 9 Januari 2023.

Ketujuh siswa yang terjaring razia itu masing-masing dua berjenis kelamin perempuan dan lima berjenis kelamin laki-laki. Mereka berasal dari dua SLTA Swasta, dua SMP Swasta, dan satu dari sekolah SMP Negeri di Kota Cilegon berinisial A, R, A, NA, RAG, AM, dan ZF. Para siswa yang kedapatan bolos dan masih memakai seragam itu, kemudian mendapatkan sanksi berupa push up hingga membacakan surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Kabid Trantibum Satpol PP Kota Cilegon, Faruk Oktavian mengungkap, razia anak sekolah yang bolos saat jam pelajaran berlangsung ini didasari dari implementasi Perda Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Kota Layak Anak, Perda No 5 Tahun 2003 Tentang Ketentraman, Ketertiban, dan Keindahan (K3). Patroli rutin personel Satpol PP Banggai dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB.

“Kami patroli ini untuk mengantisipasi aksi kenakalan remaja yang bisa berujung pada perkelahian antar siswa atau sebagainya. Dari hasil ini kita merazia tujuh siswa yang ternyata kedapatan bolos sekolah,” kata Faruk Oktavian, kepada wartawan.

Dia bilang, pelajar juga harus langsung pulang apabila sudah tidak belajar di sekolah bukan malah nongkrong di tempat umum menggunakan seragam. Hal ini untuk menghindari perspektif dan opini yang berkembang kepada siswa itu sendiri. “Kalau memang pelajar tersebut sudah pulang, harus pulang saja, tidak bisa pelajar kumpul-kumpul lagi dengan memakai seragam sekolah,” imbuhnya.

Faruk menambahkan, apabila ada warga yang melihat anak-anak sekolah yang nongkrong saat jam pelajaran berlangsung untuk segera melaporkan kepada petugas Satpol PP.

“Menjaga dan mengawasi mereka adalah tanggung jawab kita bersama, jadi perlu juga informasi dari masyarakat terkait lokasi-lokasi atau tempat nongkrong mereka. Biar merekanya juga tertib,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments