Rabu, Juli 24, 2024
BerandaPendidikanBangkitkan Semangat Belajar, New Primagama Jombang Masjid Gelar Kompetisi Sains Cilegon Tingkat...

Bangkitkan Semangat Belajar, New Primagama Jombang Masjid Gelar Kompetisi Sains Cilegon Tingkat SD

CILEGON.BCO.CO.ID – Dalam rangka menstimulus semangat belajar dan gairah kompetisi di kalangan pelajar pasca pandemi Covid-19, Kantor Cabang New Primagama yang terletak di Jalan Temu Putih, No. 84, Jombang Masjid, Cilegon (Primagama Jombang Masjid), menggelar kegiatan kompetisi sains yang dilaksanakan sejak Kamis, 4 Agustus hingga Rabu, 31 Agustus 2022.

Branch Manager Primagama Jombang Masjid Cilegon, Didi Junaedi mengatakan, setelah dua tahun terakhir tidak ada kegiatan lomba secara offline akibat pandemi, semangat kompetisi dan belajar siswa dibangkitkan kembali.

Lewat kegiatan yang dilaksanakan, lanjutnya, diharapkan gairah kompetisi dari sejumlah siswa berprestasi bisa tetap ada dan terjaga.

“Menggairahkan kembali jiwa kompetisi anak-anak pasca pandemi dan sebagai wadah berkreasi serta bentuk apresiasi bagi siswa yang berprestasi,” kata Didi pada moment Grand Final Kompetisi Sains Cilegon, Rabu, 31 Agustus 2022.

Didi melanjutkan, gelaran kompetisi sains yang diselenggarakan, diharapkan mampu menjadi ajang pemanasan bagi siswa yang nantinya akan ditunjuk sekolah untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang merupakan program resmi dari Kemendikbud RI (Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia).

“Jadi sebelum berangkat ke KSN, lewat kegiatan ini para siswa kita persiapkan di kompetisi sains tingkat cilegon yang penyelenggaranya adalah Primagama. Ini kami lakukan sebagai bentuk dukungan dari lembaga bimbingan belajar, terhadap program Nasional,” jelasnya.

Didi menambahkan, untuk teknis pelaksanaan kompetisi sains yang diselenggarakan Primagama Jombang Masjid terdiri dari tiga tahap, mulai dari tahapan penjaringan peserta atau penyisihan, semi final, dan grand final.

“Penjaringan peserta diikuti oleh sejumlah Sekolah Dasar se-Kota Cilegon yang terdiri dari tiga kategori yaitu kategori kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Nah dari tiap kategori kita ambil tiga peserta terbaik di kelasnya masing-masing dari setiap sekolah yang dilaksanakan dari tanggal 4 hingga tanggal 16 Agustus 2022. Setelah lolos penjaringan, masuk ke tahap semifinal yang dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 26 Agustus, dan hari ini final, pesertanya adalah 10 terbaik perkelas atau perkategori. Sehingga untuk kegiatan final ini ada sebanyak 30 peserta yang terdiri dari 10 orang kelas 4, 10 orang kelas 5, dan 10 orang kelas 6, dari 26 sekolah yang mengikuti babak semifinal,” ungkapnya.

Adapun, masih kata Didi, soal yang diujikan dalam kompetisi sains tingkat Kota Cilegon terdiri dari soal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Ia melanjutkan, kompetisi sains yang digelar rencananya dilaksanakan secara rutin tidak hanya untuk tingkat Sekolah Dasar, tapi juga untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Kedepan akan kami laksanakan secara rutin, untuk itu selain piala juara, kami juga menyiapkan piala bergilir yang akan diperebutkan oleh sekolah terbaik setiap kompetisi ini digelar,” ucapnya.

Didi menjelaskan, dengan dilangsungkannya kompetisi sains menandakan bahwa Primagama Jombang Masjid telah hadir dan dibuka kembali untuk melaksanakan bimbingan belajar (bimbel) secara offline.

“Bagi yang ingin juara kelas, lolos SNMPTN, SBMPTN/UTBK, bisa langsung datang ke Primagama untuk mendaftarkan diri. Untuk yang mendaftar di bulan September, kami meluncurkan program September Ceria dengan keringanan biaya sampai dengan 25 persen. Saat ini, kami juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh siswa yang mendaftar, seperti kafetaria atau kantin yang cukup asyik untuk nongkrong, ruang kelas yang bersih dan nyaman, dan aula serta ruang rapat tersendiri,” paparnya.

Di tempat sama, Asda 1 Kota Cilegon Tatang Muftadi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Primagama Jombang Masjid. Menurutnya, apa yang dilakukan Primagama sangat bermanfaat bagi generasi sains di Kota Cilegon.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk panitia (Primagama). Apa yang dilakukan sesuai dengan yang digagas oleh Pemkot Cilegon, yakni Cilegon baru yang terus berupaya, berinovasi, untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) di Kota Cilegon. Maka program ini sangat sinergi, dimana SDM yang dibangun sedari dini, akan membuahkan hasil yang sangat maksimal, bilamana terus dibina dan dilatih. Maka manfaatkan kesempatan ini untuk mengukir diri, karena tidak ada kesuksesan tanpa melalui proses penempaan diri,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, Vania Eriza. Dirinya menyampaikan pentingnya peran pendidikan non formal kepada setiap generasi bangsa.

“Pendidikan non formal dalam hal ini lembaga kursus atau bimbel mempunyai peran penting sebagai penambah pendidikan formal. Artinya, jika pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dari pendidikan formal belum memadai, peserta didik bisa mendapatkan tambahan ilmunya lewat pendidikan non formal,” ujarnya.

Pihaknya mengaku siap mendukung keberadaan lembaga non formal di wilayah Kota Cilegon, dan bersinergi berdasarkan ketentuan dan program yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon.

Menurut Vania, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa yang ingin memiliki sertifikat lomba untuk dijadikan nilai tambah dan digunakan oleh siswa SD yang ingin mendaftarkan dirinya ke SMP Negeri favorit yang berada di luar zonasi tempat tinggal siswa melalui jalur prestasi.

Diketahui, dari hasil kompetisi yang dilaksanakan, untuk kategori SD kelas 4 juara 1 diraih oleh Elgie El-Benno Taqi dari SDN Sumampir, juara 2, Moehammad Raffa Pratama, SDN Sumampir, juara 3, Fadia Fauzi, SD Unggulan Uswatun Hasanah.

Kategori SD kelas 5 juara 1 diraih oleh Xanana Gusmo, SDIT Madani, juara 2 Reanata Salsabila, SDN Sumampir, juara 3 Nada Zafira Simanjuntak, SDN Cilegon 1.

Kategori SD kelas 6 juara 1 diraih oleh M Faris Ikhwan dari SDIT Al-Muhajirin, juara 2 Raihannah Aqila Majid, SDN Cilegon 2, juara 3 Chika Novianti, SDIT Tamadun. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments