Minggu, Juli 21, 2024
BerandaSeni dan BudayaBandrong Cilegon Bakal Tampilkan Seni Budaya Banten di Pembukaan Konser Padi Reborn

Bandrong Cilegon Bakal Tampilkan Seni Budaya Banten di Pembukaan Konser Padi Reborn

CILEGON.BCO.CO.ID – Sebagai salah satu pengisi acara pada perhelatan BNI The Royal Music Fest 2023, Perguruan Pencak Silat Bandrong DPD Kota Cilegon bakal tampil menyuguhkan berbagai atraksi seni budaya rampak silat, debus, hingga aksi permainan golok pada pembukaan konser musik yang diagendakan digelar di Stadion Krakatau Steel, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon pada Jumat 3 Februari 2023 nanti.

Diketahui bahwa konser yang digelar oleh Divisi Sportainment PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) ini juga akan menghadirkan musisi papan atas Indonesia seperti Padi Reborn, D’Masiv, Ombram, NUTS, Ndarboy Genk, Caleb serta musisi lain.

Ketua DPD Bandrong Kota Cilegon Mustasim Madyaksa mengungkapkan, terlibatnya organisasi pelestari kebudayaan khas Banten ini tidak terlepas dari kerja sama antara PHRI Kota Cilegon, Dindikbud, serta Dinas Pariwisata Kota Cilegon yang bertujuan mengenalkan seni budaya terhadap masyarakat luas. Apalagi nantinya pada konser musik itu, banyak penonton yang akan datang dari berbagai daerah.

“Rencananya kita tampil di awal, pas pembukaan nanti kita akan menunjukkan seni budaya Banten, khususnya Cilegon. Ini kesempatan baik untuk mengenalkan sekaligus melestarikan budaya kita,” ujar Mustasim, kepada wartawan, Kamis 19 Januari 2023.

Tak hanya mengenalkan, pria yang akrab disapa Kang Mus juga mengatakan, konser musik terbesar yang akan diselenggarakan itu nantinya diharapkan sebagai batu loncatan seni budaya Bandrong semakin terkenal di kalangan masyarakat dari luar daerah Banten. “Artinya ini akan ada dampak positif yang berkesinambungan untuk upaya pelestarian seni budaya yang selama ini kita jaga dan perjuangkan,” katanya.

Kang Mus bilang, konser musik yang dihadiri oleh grup band papan atas itu  akan banyak mengundang anak-anak muda sehingga peluang pelestarian budaya warisan leluhur pendiri Banten itu akan sangat terbuka lebar untuk diketahui dan dijaga. Selain itu apabila semakin terkenal, hal ini juga bisa berdampak meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang pariwisata.

“Semakin kesenian dan budaya kita dikenal orang, peluang untuk dilestarikan dan dijaga itu sangat besar. Kemudian, ini juga bisa meningkatkan PAD Kota Cilegon dari bidang pariwisata karena saya yakin, akan ada banyak masyarakat yang akan berkunjung dan belajar tentang Silat Bandrong ini. Perlu diingat, sekali Bandrong tetap Bandrong satu komando aje kendor,” pungkas Kang Mus. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments