Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaLalu LintasAnyer Penuh, Polres Cilegon Berlakukan Sistem Buka Tutup

Anyer Penuh, Polres Cilegon Berlakukan Sistem Buka Tutup

BCO.CO.ID – Tingginya volume masyarakat yang berlibur di awal tahun 2024 di Kawasan Objek Wisata Pantai Anyer, Kabupaten Serang, membuat hampir seluruh ruas jalan yang menuju ke kawasan tersebut dipadati kendaraan pribadi wisatawan dari berbagai daerah pada Senin 1 Januari 2023.

Untuk mengurangi kepadatan di lokasi wisata, Polres Cilegon memberlakukan pengaturan lalu lintas berupa sistem satu arah (One Way) dengan menarik wisatawan dari arah Anyer untuk kembali ke jalur masing-masing. Saat penarikan ini, antrean kendaraan tampak padat di Simpang Tiga Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Pelaksaan pengaturan lalu lintas juga bekerjasama dengan Polres Serang dan Polres Pandeglang dibeberapa titik.

Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro mengatakan, pengaturan lalu lintas dilakukan lantaran lokasi wisata di Anyer sudah memenuhi daya tampung. Selain itu juga, banyak wisatawan yang sudah keluar dari lokasi wisata. “Kami berlakukan sistem satu arah dari Anyer ke Jaya sudah empat kali untuk mengurai volume wisatawan. Sistem ini diberlakukan secara situasional dengan memperhatikan daya tampung di tempat wisata,” ujar AKBP Eko Tjahyo Untoro, kepada BCO Media.

iklan

AKBP Eko bilang, pemantauan itu di tiga pos sepeti Pos 5 di Simpang Tiga JLS, Pos 7 di Hotel Mandalika, dan Pos 8 di Simpang Teneng-Cinangka.Saat ini, kata dia, sudah 1500 unit kendaraan yang telah keluar dari Anyer. “Sistem buka tutup yang kami berlakukan tetap memprioritaskan masyarakat Ciwandan-Anyer juga para pekerja di industri,” jelasnya.

Guna membantu pelayanan dan pengaturan lalu lintas, lanjut Eko, pihaknya dibantu 385 personel gabungan dari berbagai unsur baik dari Dinas Perhubungan dan TNI. “Penyekatan di simpang JLS ini dilakukan untuk mengurai kendaraan yang keluar agar tidak terlalu padat,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments