Selasa, Juli 16, 2024
BerandaOpiniSosialisasikan PKPU, KPU Kota Cilegon Sampaikan Pentingnya Pemutakhiran Data

Sosialisasikan PKPU, KPU Kota Cilegon Sampaikan Pentingnya Pemutakhiran Data

CILEGON.BCO.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar sosialisasi PKPU Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih dengan Pemilu dan Informasi Data Pemilih yang dilaksanakan di Kantor KPU Kota Ciegon, di Jalan Kyai Haji Abdul Latif, Blok J, Nomor 2, Kelurahan Bendungan, Kecamatan/Kota Cilegon, Rabu 16 November 2022.

Sosialisasi ini ditujukan bagi penyelenggara maupun Partai Politik (Parpol) yang melaksanakan pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang. Selain itu, KPU Kota Cilegon menilai jika kegiatan ini sangat penting untuk pemutakhiran daftar pemilih sebelum kemudian memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit).

Komisioner KPU Kota Cilegon Sehabudin mengungkapkan, coklit dapat dilaksanakan setelah TPS terbentuk. Kemudian nantinya di setiap TPS, akan ada satu panitia pendaftaran pemilih (pantarlih). Sehabudin juga bilang, daftar pemilih tetap ini menjadi sumber titik awal untuk pemetaan penyelenggaraan pemilu yang memenuhi syarat menurut undang-undang.

“Pantarlih ini penting bagi kita karena daftar pemilih tetap ini menjadi sumber titik awal untuk pemetaan bagaimana caranya kita sebagai penyelenggara pemilu yang memenuhi syarat menurut undang-undang,” kata Sehabudin.

Dijelaskan, peraturan yang saat ini dipakai merupakan peraturan yang membuat penyelenggara pemilu lebih fokus terhadap tugas utama yang diemban. Di lain sisi Sehabudin juga menyampaikan, kegiatan pemutakhiran daftar pemilih yang memakan waktu cukup lama itu dapat terbantu oleh masyarakat guna menyampaikan pemilih agar mendapatkan hak suaranya.

“Ini yang penting kita antisipasi sehingga persoalan-persoalan itu, dengan KPU terbuka seperti ini sosialisasi yang massif. Dalam rangka itulah mengawal proses-proses ini,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments