Senin, Mei 20, 2024
BerandaKeorganisasianSeniman Cilegon Bakal Tampil di Festival Ubrug Nasional

Seniman Cilegon Bakal Tampil di Festival Ubrug Nasional

CILEGON.BCO.CO.ID – Dewan Kesenian Cilegon (DKC) bakal mengikuti Festival Ubrug Nasional tahun 2021 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2021 mendatang yang digelar secara daring.

Ketua DKC Akhdi Zukhruf Amri menyatakan, Kota Cilegon siap berpartisipasi dalam kegiatan berskala nasional ini dengan membawa kearifan lokal yang ada di Kota Cilegon. “Organisasi dan sanggar seni seperti Sanggar Sumur Jambu, Teater Wonk Kite ikut terlibat dalam garapan bersama ini, juga tim musik yang dikepalai oleh Kang Edi dari Gaksa serta Orro Band,” kata Akhdi Zukhruf Amri, Ketua DKC, Rabu 27 Oktober 2021.

Peserta Festival Ubrug Nasional ini diikuti oleh peserta dari luar Banten seperti, Bandung, Jakarta,dan Solo. Para peserta juga nantinya mengikuti tema yang telah dipersiapkan oleh panitia. Akhdi optimis jika Kota Cilegon dapat memberikan prestasi yang membanggakan dalam festival yang dilaksanakan oleh Kemeristekdikti tersebut. “Dengan kekuatan kebersamaan dan komunikasi antar komunitas serta sanggar yang sudah terjalin dengan baik di Kota Cilegon, kami yakin bisa membawa Kota Cilegon berprestasi,” tuturnya.

iklan
iklan

Di tempat yang sama, Bahroni selaku sutradara dalam pertunjukan untuk festival ini menerangkan, kearifan lokal yang dibawa untuk festival ini adalah kegiatan sehari-hari masyarakat Rawa Arum. Persoalan sampah dan kesadaran masyarakat tentang pelestarian cagar alam ini akan tersaji dalam sebuah pertunjukan Ubrug.

iklan

Selain itu pertunjukan Ubrug ini nantinya akan pentas keliling di delapan kecamatan di Kota Cilegon yang bekerjasama serta di dukung instansi terkait. “Garapan Ubrug ini nantinya bukan hanya untuk mengikuti Festival Ubrug Nasional 2021 saja, tapi kita akan membuka ruang di kampung-kampung sebagai upaya melestarikan seni teater tradisional ini yaitu ubrug sekaligus memperkenalkan cagar alam Rawa Arum,” ungkap Bahroni. []

iklan
RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments