Minggu, Juli 21, 2024
BerandaPariwisataSAR Banten Kerahkan Helikopter Pantau Wisatawan di Anyer-Carita yang Mulai Ramai

SAR Banten Kerahkan Helikopter Pantau Wisatawan di Anyer-Carita yang Mulai Ramai

BCO.CO.ID – Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten (Kantor SAR Banten), mengerahkan helikopter untuk memantau sekaligus memastikan aktivitas angkutan Natal dan tahun baru serta aktivitas wisatawan di Kawasan Objek Wisata Pantai Anyer dan Carita, Minggu 24 Desember 2023.

Pantauan udara itu dilakukan bersama Pj Sekda Pemprov Banten Virgojanti, dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, dengan menyusuri tol Tangerang Merak, Pelabuhan Merak, hingga kawasan wisata di Anyer dan Carita.

Aktivitas kendaraan dari arah Jakarta menuju Merak, terpantau ramai lancar sekaligus di Pelabuhan Merak. Sementara di wilayah kawasan wisata pantai, beberapa objek pantai mulai ramai dikunjungi wisatawan.

“Pantauan udara ini, kami menggunakan Helikopter Rescue 3604, dari pantauan jalan tol Cikande-Merak, terpantau ramai lancar, di Pelabuhan Merak lancar, sedangkan di tempat wisata Banten, Pantai Anyer dan Carita sedikit mengalami peningkatan,” kata Adil Triyatno, Kepala Kantor SAR Banten.

Dijelaskan, kegiatan pantauan lewat udara ini untuk melihat bagaimana kondisi sebenarnya pada saat menjelang libur Natal.

Sejauh ini, sambungnya, belum ada peningkatan yang cukup signifikan dari pantauan yang mereka lakukan pada pagi menjelang siang hari. “Terpantau lancar, mudah-mudahan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Banten khususnya, di Pelabuhan Merak, tol dan tempat wisata aman terkendali,” ungkapnya.

Kendatipun masih terbilang landai, Adil mewaspadai adanya pelonjakan yang tinggi pada saat libur Tahun Baru 2024. Terutama, peningkatan kunjungan akan terjadi pada wisata laut, di Pantai Anyer dan Carita. “Setelah Tahun Baru dimungkinkan kenaikan di wisata laut, di Anyer dan Carita karena hari libur anak sekolah banyak yang berwisata ke Anyer dan Carita,” tegasnya.

Hal senada juga dikatakan Pj Sekda Banten Virgojanti, yang menyampaikan hasil pantauan lewat udara baik jalan tol dan Pelabuhan Merak masih dibilang cukup lancar.

Virogjanti mengatakan, yang sedikit mengalami peningkatan terjadi di tempat wisata laut, baik di Pantai Anyer maupun Carita. “Beberapa daerah wisata, di beberapa pulau kecil, sudah banyak masyarakat yang mengunjungi,” ujarnya.

“Termasuk Pantai Anyer dan sekitarnya, pesisir pantai Florida, tadi saya lihat cukup aman untuk dikunjungi para wisatawan,” tambah Virgojanti.

Ia menjelaskan, berdasarkan pantauan itu, tempat wisata laut masih memadai untuk menampung kunjungan para wisatawan. “Jadi kalau daya tampung, saya rasa masih cukup memadai untuk masyarakat berkunjung ke beberapa area pariwisata yang berada di sekitar pantai pesisir di Provinsi Banten ini,” terangnya.

Sementara itu, Komandan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan dari Basarnas RI Mayor (Pnb) Nugroho Tri Widyanto menuturkan, saat penerbangan kondisi aman dan lancar.

Nugroho menerangkan, kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari pusat untuk mendampingi Basarnas Banten dalam memantau arus lalu lintas dari udara selama Nataru. “Saya pastikan kita akan siaga 24 jam di sini untuk mendukung kegiatan pemerintah. Kami di sini ditugaskan untuk SAR dan pertolongan, sehingga kalau ada apa-apa, insiden di jalan atau orang hilang di pantai, kami siap bergerak untuk memberikan pertolongan,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments