Senin, April 15, 2024
spot_img
BerandaHumanioraSambut Bulan Ramadhan, Warga Terate Udik Bersihkan Makam Bersejarah

Sambut Bulan Ramadhan, Warga Terate Udik Bersihkan Makam Bersejarah

CILEGON, BCO.CO.ID – Puluhan warga Lingkungan Terate Udik, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, bergotong royong dengan aparat kelurahan serta unsur TNI-Polri membersihkan makam yang bernilai sejarah di wilayahnya, Jumat 19 Februari 2021.

Lurah Masigit Rohimin mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan warga. “Sebenarnya ini kegiatan rutin, karena ini sebentar lagi bulan puasa ya biar sekalian aja kita gotong royong di sini. Apalagi ini ada makam bersejarah dalam hal syiar islam di wilayah Banten,” kata Rohimin, Lurah Masigit.

Dijelaskan, makam Ki Lurah Rouf Jayalaksana sering didatangi peziarah dari berbagai daerah lantaran mereka (peziarah) ingin tahu tentang syiar Islam di Banten pada ratusan tahun silam.

iklan

“Peziarah itu kebanyakan dari luar daerah, seperti Jawa, Sumatera, bahkan ada yang dari Kalimantan. Biasanya mereka ziarahnya malam hari di makam itu. Kalau di Masigit tempat bersejarah itu ada ini (makam-red) sama Masjid Sumpah,” jelas Rohimin.

Selain makam dan Masjid Sumpah yang menjadi peninggalannya, Ki Lurah Rouf Jayalaksana meninggalkan sejumlah pusaka yang tersimpan rapi di rumah salah satu warga.

“Masih ada sampai sekarang benda-benda pusakanya disimpan di rumah tokoh masyarakat di sini. Ada keris, bokor, dan beberapa jenis pusaka lain,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments