Rabu, Juli 24, 2024
BerandaIndustriPLN UPT Cilegon Terus Ingatkan Bahaya Layangan, Ajak Masyarakat Manfaatkan Listrik dan...

PLN UPT Cilegon Terus Ingatkan Bahaya Layangan, Ajak Masyarakat Manfaatkan Listrik dan Hindari Bahayanya

CILEGON.BCO.CO.ID – Menindaklanjuti banyaknya gangguan dalam beberapa waktu belakangan ini, PT PLN (Persero) UIT JBB Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cilegon, melaksanakan agenda Sosialisasi Manfaat dan Bahaya Listrik Bagi Masyarakat Umum di Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Rabu 16 November 2022.

Dalam kesempatan tersebut, PLN UPT Cilegon yang dihadiri oleh Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Cilegon Hundusin memaparkan sejumlah faktor penyebab terjadinya gangguan listrik, salah satunya akibat bermain layang-layang.

“Banyak manfaat listrik yang dapat kita rasakan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk menghindari bahaya dan juga terganggunya aliran listrik, peran serta masyarakat dalam meminimalissasi hal tersebut sangat penting, salah satunya dengan mengingatkan anak-anaknya untuk tidak bermain layang-layang di dekat instalasi listrik, untuk mendukung kontinuitas penyaluran listrik,” jelasnya.

Menurutnya, dampak yang timbul akibat dari layangan putus dapat menyebabkan gangguan yang membuat listrik padam. “Yang utama adalah keselamatan bagi anak-anak yang bermain layang-layang. Dampaknya jelas sangat merugikan dan sudah banyak kejadian hingga menyebabkan nyawa melayang,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya merasa perlu melakukan sosialisasi tersebut, agar kejadian yang tidak diinginkan bisa dihindarkan.

“Gangguan lainnya yang berakibat fatal terhadap banyak orang adalah padamnya listrik yang dapat mengganggu pelayanan kesehatan seperti rumah sakit yang membutuhkan aliran listrik untuk suplai oksigen dan pelayanan umum lainnya,” jelasnya.

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Pejabat Pelaksana Lingkungan, Agung Alifsag Nur, warga terlihat antusias dengan pemaparan yang diberikan.

Mereka menyimak dengan seksama sambil berharap mendapatkan doorprize berupa minyak goreng dan doorprize lainnga yang sudah disiapkan oleh PLN UPT Cilegon.

Selain memberikan pemahaman terkait manfaat dan bahaya listrik, PLN UPT Cilegon juga menghadirkan saksi hidup korban sengatan listrik, sebagai gambaran agar masyarakat bisa aktif dalam hal mengurangi resiko gangguan yang terjadi akibat bermain layang-layang.

Di tempat sama, Rojul perwakilan Kelurahan Samangraya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PLN UPT Cilegon.

Menurutnya, sosialisasi perlu dilakukan guna memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat. “Saya mengapresiasi apa yang dilakukan, dimana belum lama ini juga ada kejadian di lingkungan Samangraya terkait gangguan listrik akibat bermain layang-layang. Tidak hanya menyebabkan gangguan listrik, tapi juga dapat mengganggu hal lainnya seperti keamanan lingkungan yang dapat menjadi penyebab konflik di masyarakat,” ucapnya.

Rojul menambahkan, bahaya yang timbul akibat bermain layang-layang tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga masyarakat luas. “Terlebih saat ini sudah masuk kepada musim hujan, tentunya bahaya yang ditimbulkan bisa lebih membahayakan bagi kita semuanya,” tandasnya.

Dilain pihak, Wakapolsek Ciwandan AKP Sobarna menjelaskan tentang Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Ia juga menyampaikan siap mendukung langkah yang dilakukan PLN UPT Cilegon sebagai upaya menjaga keamanan, ketertiban di masyarakat. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments