Rabu, Juli 24, 2024
BerandaHumanioraKTI Tambah Bantuan Akses Air Bersih Untuk Warga Pasauran dan Umbul Tanjung

KTI Tambah Bantuan Akses Air Bersih Untuk Warga Pasauran dan Umbul Tanjung

CILEGON.BCO.CO.ID – Ketersediaan air bersih menjadi salah satu concern utama bagi PT Krakatau Tirta Industri (KTI). Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan air bersih, KTI berkomitmen untuk berusaha membantu ketersediaan air bersih bagi masyarakat di sekitar kegiatan usaha perusahaan.

Hal inilah kemudian yang mendorong KTI untuk memberikan tambahan bantuan instalasi air bersih untuk masyarakat di sekitar Plant Cipasauran yang terletak di Desa Pasauran dan Desa Umbul Tanjung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Dari sebelumnya tersedia sebanyak 8 (delapan) toren penampungan air bersih yang tersebar di Desa Pasauran maupun Desa Umbul Tanjung, saat ini KTI kembali menyerahkan masing-masing 2 (dua) toren penampungan air bersih untuk satu kampung di kedua desa sekitar.

Kedua kampung tersebut meliputi Kampung Bojong Lor, Desa Pasauran dan Kampung Bojong Kidul, Desa Umbul Tanjung yang terletak di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Kapasitas masing-masing toren air bersih tersebut sebesar 3.100 liter per unit yang digunakan untuk keperluan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Secara simbolis, telah diserahterimakan pengelolaan kedua toren tambahan tersebut dari KTI kepada masing-masing perwakilan Desa Pasauran dan Desa Umbul Tanjung pada hari Selasa 06 Desember 2022 untuk Desa Umbul Tanjung dan Rabu 07 Desember 2022 untuk Desa Pasauran.

Hadir dalam kegiatan tersebut AM Group Corcom & Comdev KTI Saefullah dan staf mewakili KTI dan Lurah Umbul Tanjung, Sekretaris Lurah Umbul Tanjung, pengurus RT Kampung Bojong Kidul, dan pengurus DKM Desa Umbul Tanjung serta pengurus RT Kampung Bojong Lor, perwakilan pemuda Desa Pasauran, dan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pasauran.

Direktur Utama KTI Alugoro Mulyowahyudi dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa KTI tidak pernah berhenti meneguhkan komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar kegiatan usaha perusahaan.

“Tambahan empat unit toren atau tangki air tersebut dalam rangka mendorong masyarakat di sekitar Plant Cipasauran untuk dapat memperoleh akses air bersih yang insyaallah secara kualitas maupun kuantitasnya lebih terjamin. Kami ingin masyarakat di sekitar kami memperoleh akses air bersih secara optimal dan tentu semakin baik lagi mutu hidup mereka,” ujar Alugoro.

Sebagai informasi, air bersih yang ditampung di masing-masing toren diperoleh dari instalasi pengolahan air mini yang terletak di areal Plant Cipasauran. Melalui jaringan pipa yang tersedia, air dari mini WTP dialirkan ke masing-masing toren untuk digunakan secara cuma-cuma bagi kepentingan umum masyarakat sekitar, mulai dari kebutuhan air untuk masjid dan mushala setempat sampai dengan keperluan mandi cuci kakus (MCK) masyarakat setempat.

Pengelolaan toren tersebut selanjutnya diserahkan penuh kepada pengurus RT dan pengurus DKM serta tokoh masyarakat setempat. Adapun untuk mini WTP yang merupakan aset KTI tetap dalam pengelolaan KTI untuk memudahkan proses pengoperasian, pemeliharaan, maupun perawatannya.
Sekretaris Perusahaan PT KTI Gumilar Sugandi menyampaikan, tambahan toren tersebut bagian dari pemenuhan aspirasi masyarakat Desa Pasauran dan Desa Umbul Tanjung sebelumnya kepada KTI.

“Melihat ketersediaan toren eksisting yang benar-benar membantu kebutuhan air bersih masyarakat sekitar, dari perwakilan kedua desa tersebut meminta agar KTI dapat memberikan support tambahan toren untuk Kampung Bojong Lor dan Kampung Bojong Kidul. Alhamdulillah hal tersebut sudah terpenuhi sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Gumilar juga berharap agar masyarakat dapat mengelola dengan baik toren-toren tersebut, agar manfaatnya dapat dirasakan dari waktu ke waktu. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments