Selasa, April 16, 2024
spot_img
BerandaOpiniKarang Taruna Pertanyakan TJLS PT Lotte Chemical Titan Nusantara di Rawa Arum

Karang Taruna Pertanyakan TJLS PT Lotte Chemical Titan Nusantara di Rawa Arum

CILEGON.BCO.CO.ID – Sejumlah pengurus Karang Taruna Kelurahan Rawa Arum meminta perusahaan asal Korea Selatan yakni, PT Lotte Chemical Titan Nusantara (LCTN) untuk secara adil dan transparan dalam menyalurkan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang diproyeksikan untuk wilayah Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. Pasalnya, hingga saat ini perusahaan belum meberikan kontribusikan nyata kepada warga yang berada di wilayah ring satu ini.

Ketua Karang Taruna Rawa Arum Edi Firmansyah menyebut, bahwa persentase pendistribusian program TJSL PT. LCTN terhadap masyarakat Rawa Arum tak banyak berkontribusi. Menurutnya, program TJSL dari industri yang berdiri dan beroperasi atas dasar komitmen perusahaan terhadap lingkungan juga termaktub UU PT NO 40 Tahun 2007 dan PERWAL NO 10 Tahun 2012. “Disitu mengatur jelas tentang penyaluran TJSL. Tapi sejauh ini sebesar apa penyaluran TJSL yang berlangsung di Rawa Arum,” kata Edi Firmansyah, Ketua Karang Taruna Kelurahan Rawa Arum, Jum’at 12 November 2021.

Pengurus karang taruna sebagai organisasi sosial kesejahteraan masyarakat dan pemuda tentu memiliki dasar untuk mengawasi perusahaan dalam penerapan TJSL di wilayah pabrik itu berdiri dan beroperasi. Bahkan, Edi melanjutkan, secara hukum mendapat perlindungan yang cukup kuat sebagai kontrol sosial dan lingkungan.

iklan

Selain itu karena problematika ini, pihak Karang Taruna Rawa Arum yang telah berupaya meminta keadilan secara persuasif bahkan mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa ataupun mengadukan persoalan ini ke DPRD Kota Cilegon. Sejalan berdirinya pabrik kimia tersebut, dikatakan Edi, bukti nyata pengangguran dan kesenjangan sosial di wilayah terdekat PT LCTN berdiri terkadang tidak mendapatkan perhatian.

“Boro-boro mau inisiatif bikin program penanganan kesenjangan sosial atau edukasi potensi bahaya dan cara evakuasi ketika pabriknya terjadi kerusakan akibat alam atau proses produksinya. Ditawarin program aja banyak alasan. Padahal banyak dana besar justru digelontorkan di wilayah kelurahan hingga kota lain. Lalu Lotte Chemical mau ekspansi, masyarakat tambah menderita atau tambah bahagia nih. Kami tidak menolak investasi dan pembangunan. Kami menolak perlakuan yang tidak adil manajemen LCTN terhadap warga Rawa Arum,” paparnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Foker C Kecamatan Grogol yang juga tokoh masyarakat Rawa Arum Fudari menyampaikan, bahwa sejalan berdirinya perusahaan tersebut cendrung sedikit memberikan kontribusi terhadap masyarakat. Ia pun mendukung sepenuhnya atas pergerakan yang dilakukan oleh Karang Taruna Rawa Arum dalam menyikapi persoalan ini.

“Bukan enggak ada kontribusi, hanya saja sedikit. Itu pun dampaknya kurang dirasakan oleh masyarakat secara luas. Dan minim pembinaan terhadap pemuda setempat,” ungkapnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments