Jumat, Juli 12, 2024
BerandaKeorganisasianDitreskrimsus Polda Banten dan KNPI Cilegon Salurkan 10 Truk Tangki Air Bersih...

Ditreskrimsus Polda Banten dan KNPI Cilegon Salurkan 10 Truk Tangki Air Bersih di Merak

BCO.CO.ID – Ditreskrimsus Polda Banten bersama KNPI Kota Cilegon, menyalurkan 10 truk tangki air bersih untuk sejumlah permukiman penduduk yang ada di wilayah perbukitan salah satu di Lingkungan Tembulun, Kelurahan Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin 28 Agustus 2023.

iklan

Puluhan ton air bersih itu, didistribusikan kepada warga yang mengalami krisis air bersih di wilayah tersebut secara bertahap. Selain itu, pendistribusian air bersih bagi masyarakat itu juga cukup menantang. Pasalnya, jalur yang dilintasi oleh kendaraan memiliki tanjakan yang curam.

Saat kendaraan tiba di lokasi, warga setempat berbondong-bondong membawa alat penampung air untuk segera dilakukan pengisian. Tawa sumringah dan kebahagian tercipta dari para warga yang menantikan air bersih untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Diketahui, wilayah ini merupakan daerah kering atau langganan krisis air bersih apabila musim kemarau tiba. Selain mengandalkan sumur resapan di area hutan, warga biasanya turun ke pemukiman di kaki bukit untuk membeli air bersih. Informasi yang dihimpun di lokasi, terdapat 140 KK warga Lingkungan Tembulun terdampak kekeringan dan krisis air bersih.

Panit Tipidter Ditreskrimsus Polda Banten AKP Balap Sudrajat mengungkapkan, bantuan air bersih merupakan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan ditindaklanjuti oleh Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto melalui Ditreskrimsus Polda Banten dalam menekan dampak Fenomena El Nino. “Sekaligus merupakan program Bapak Kapolri untuk membantu masyarakat dari dampak El Nino,” kata AKP Balap Sudrajat, kepada wartawan.

Di tempat sama, Ketua KNPI Kota Cilegon Rizki Putra Sandika mengatakan, ide bantuan itu tercetus saat KNPI Kota Cilegon berdiskusi dengan Wadirkrimsus Polda Banten AKBP Sigit Haryono dalam menjalankan program Kapolri untuk membantu masyarakat.

“Kegiatan ini berangkat dari rasa kepedulian KNPI Cilegon dan Ditreskrimsus Polda Banten dalam membantu masyarakat saat Fenomena El Nino sesuai dengan perintah Pak Kapolri dan Pak Kapolda Banten,” ujarnya.

Rizki bilang, pendistribusian air bersih tidak hanya dilakukan untuk wilayah Lingkungan Tembulun saja. Namun, ada beberapa wilayah seperti Lingkungan Cipala dan Lingkungan Gunung Batur. “Di wilayah Tembulun saja 5 unit truk tangki yang masing-masing berkapasitas 8-10 ton,” terangnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments