Senin, Mei 20, 2024
BerandaEkonomi BisnisChandra Asri Gunakan Mesin dan Metode Pirolisis, Sampah Plastik di Cilegon Bakal...

Chandra Asri Gunakan Mesin dan Metode Pirolisis, Sampah Plastik di Cilegon Bakal Disulap Jadi BBM

CILEGON.BCO.CO.ID – PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) meresmikan beroperasionalnya Industri Pengelolaan Sampah Terpadu (IPST) untuk mengatasi permasalahan sampah yang didirikan oleh PT Chandra Asri Petrochemical, di Lingkungan Serdag, Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Selasa 02 November 2021. Hadir dalam persmian tersebut Walikota Cilegon Helldy Agustian.

IPST ini diketahui mampu mengubah sampah plastik dan belum terserap industri daur ulang, menjadi BBM melalui metode pirolisis menggunakan mesin bertekhnologi terkini.

Vice President of Corporate Relations and Sustainability PT Chandra Asri Petrochemical Edi Rivai menyampaikan, IPST merupakan salah satu inovasi untuk penanganan sampah yang berkelanjutan dan berdaya guna. Terutama sampah plastik.

iklan
iklan

“Diolah menggunakan metode pirolisis untuk menjadi BBM Plas. Ini adalah wujud dari implementasi sirkular yang kami terapkan dimana sampah plastik yang memiliki nilai ekonomi memperoleh kehidupan kedua dan memberi manfaat kembali,” ujar Edi.

iklan

Dengan beroperasinya mesin IPST, lanjut Edi, diharapkan dapat mengurangi potensi penumpukan sampah di TPA yang diolah menjadi energi terbarukan. “Dengan adanya penguatan kapasitas ini, pengelolaan sampah ini diharapkan dapat terus berkelanjutan dan masyarakat yang berdaya, serta mandiri,” tutupnya.

iklan

Sementara di tempat yang sama, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, industri-industri yang ada di Kota Cilegon dapat mengikuti inovasi untuk mengurangi tumpukan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Sampah ini akan diproses menjadi BBM, minyak tanah. Harapan kami, Chandra Asri sebagai pelopor agar bisa diikuti oleh industri lainnya yang ada di Kota Cilegon,” kata Helldy. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments