Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHumanioraBerusia 30 Tahun Lebih, Begini Penampakan Al Qur’an Raksasa di Cigading

Berusia 30 Tahun Lebih, Begini Penampakan Al Qur’an Raksasa di Cigading

CILEGON.BCO.CO.ID – Sebagai daerah yang dikenal dengan julukan kota santri karena penyebaran dan tradisi agama islamnya yang begitu kuat, Kota Cilegon ternyata memiliki Al Qur’an raksasa yang ditulis langsung oleh ulama dan dibantu para santrinya di masa lampau. Mushaf Al Qur’an berukuran lebar 120 centimeter dan panjang 160 centimeter itu kini tersimpan rapi di salah satu rumah di Lingkungan Cigading, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Kitab suci umat islam dengan ukuran tak biasa itu, diketahui merupakan hasil karya Almarhum KH. Ahmad Basharudin Bin Ali Jaya yang ditulis pada tahun 1990-1991. Butuh setahun penuh bagi KH. Ahmad Basharudin untuk menyelesaikan karya istimewanya yang dituangkan pada kertas jenis daluang berukuran besar.

Karena ukuran jumbonya itu, Mushaf Al Qur’an ini juga jarang dikeluarkan atau dipamerkan lantaran berat untuk dibawa kemana-mana. Kini, Mushaf Al Qur’an tersebut tersimpan pada lemari kayu di ruang kerja anaknya Almarhum KH. Ahmad Basharudin.

Ayi Afifudin, anak Almarhum KH. Ahmad Basharudin menceritakan, orang tuanya sudah tiga kali menulis mushaf Al Qur’an yang salah satunya dihadiahkan kepada seorang ulama di Tasikmalaya, Jawa Barat. “Ini adalah karya terakhir dari bapak kami yang ditulis tangan langsung, dan selebihnya dua lagi ada di tempat lain,” kata Ayi Afifudin, Sabtu 1 April 2023.

Dikatakan, Mushaf Al Qur’an itu sengaja di simpan di lingkungan rumahnya dikarenakan untuk menjaga kondisinya agar selalu bagus. Ia juga mengaku keberatan apabila harus melepaskan karya fenomenal mendiang ayahnya tersebut. “Biar kami anak cucunya yang menjaga dan menjaga Mushaf Al Qur’an yang ada saat ini,” ungkapnya.

Ayi berkeinginan, kedepan pihaknya ingin membuat tempat semacam museum untuk menyimpan karya almarhum orang tuanya sehingga dapat menjaga dan merawat peninggalan-peninggalan yang ada saat ini. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments