Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaKetenagakerjaanUsai Didemo Buruh, Helldy Putuskan Rekomendasi UMK 2022 Naik Jadi 3,51 Persen

Usai Didemo Buruh, Helldy Putuskan Rekomendasi UMK 2022 Naik Jadi 3,51 Persen

CILEGON.BCO.CO.ID – Walikota Cilegon Helldy Agustian akhirnya menemui ratusan buruh yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Walikota Cilegon, Senin malam 29 November 2021.

Dalam pernyataannya dihadapan buruh, Helldy merevisi rekomendasi UMK 2022 yang sebelumnya 0,71 persen menjadi 3,51 persen. Hal itu diakui Helldy sudah sesuai kesepakatan bersama antar ketua serikat buruh yang melakukan mediasi bersamanya. Keputusan untuk menaikan UMK 2022 tersebut, lanjut Helldy, sudah berdasarkan hasil para pakar sampai dengan perhitungan inflasi hingga kondisi pertumbuhan ekonomi. “Berdasarkan angka yang masuk logika semuanya, berdasarkan hasil dari para dewan pakar tadi. jadi dari 0,71 persen itu jadi 3,51 persen,” ujar Helldy Agustian, Walikota Cilegon.

Dijelaskan, rekomendasi UMK 2022 yang telah ditandatangani bersama itu selanjutnya bakal ditentukan oleh Gubernur Banten. Hal tersebut karena Pemerintah Kota Cilegon tidak memiliki kewenangan. “Tinggal nanti apa yang sudah menjadi aspirasi akan ditentukan oleh Pak Gubernur (Wahidin Halim-Red) karena bukan kewenangan daripada Pemkot Cilegon,” jelasnya.

Sebelumnya dalam beberapa hari terakhir, ratusan buruh dengan kompak melakukan unjuk rasa di beberapa lokasi sampai menginap di Pusat Pemerintahan Kota Cilegon. Dengan demikian setelah rekomendasi kenaikan UMK 2022 ini ditandatangani dan diputuskan, buruh Cilegon bakal bergabung dengan buruh dari daerah lain di Banten untuk mengawal hal tersebut di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) sampai beberapa hari kedepan. []

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments