Jumat, Juni 21, 2024
BerandaPeristiwaTruk dan Motor Tercebur ke Laut di Pelabuhan Merak, Ini Penyebab dan...

Truk dan Motor Tercebur ke Laut di Pelabuhan Merak, Ini Penyebab dan Kronologisnya

CILEGON, BCO.CO.ID – Truk Hino BG 8352 UK tercebur ke laut ketika hendak memasuki Kapal Virgo di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat siang tadi sekitar pukul 12.15 WIB. Informasi dihimpun, truk bermuatan pakan ternak sebanyak 22 ton tercebur ke laut akibat pedal gas mengalami kerusakan sehingga lepas kendali dan menyeret satu unit sepeda motor pengurus truk yang kemudian terjun bebas ke laut.

iklan

Untuk mengevakuasi truk, petugas mengerahkan alat berat berupa crane dan melakukan penyelaman guna mengikat tali ke badan truk. Evakuasi tersebut dimulai pukul 16.00 WIB sore tadi dan berhasil dievakuasi pada pukul 17.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, sopir kendaraan berhasil menyelamatkan diri. Sementara motor Yamaha Aerox Nopol A 2158 TB yang terseret ke laut tidak diangkat ke darat oleh petugas.

Kapolsek Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak AKP Deden Komarudin menyampaikan, kronologis truk terjun ke laut lantaran hilang kendali yang seharusnya berbelok ke kanan, truk melaju lurus hingga menabrak baja pembatas dan menyeret sepeda motor. Kecelakaan diduga akibat pedal gas tidak bisa kembali setelah diinjak.

“Muatan truk berupa pakan ternak seberat 22 ton. Pedal gasnya tidak berbalik setelah kaki diangkat dari pedal,” kata AKP Deden Komarudin, Kepala KSKP Merak, Jumat sore 13 Agustus 2021.

Saat truk terus melaju, lanjut Deden, sang sopir bernama Dedi sudah berupaya mengerem, tetapi tidak berhenti. “Kerusakan pada pedal gas, padahal sopir sudah berupaya ngerem. Ada bekas remnya, namun saking kencangnya terus nyemplung,” tutupnya.

Di tempat sama, General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Hasan Lessy mengatakan, truk yang tercebur ke laut dievakuasi lantaran ada asuransi dari pembelian tiket. Sementara, sepeda motor yang terseret tidak diangkat menggunakan crane lantaran bukan termasuk penumpang kapal. “Terlebih, kendaraan sepeda motor tersebut parkir bukan di lokasi parkir sebagaimana mestinya. Truk sudah berhasil diangkat setelah kami datangkan crane,” ujarnya.

Hasan menambahkan, pihaknya juga mengalami kerugian lantaran pembatas dermaga dengan laut turut mengalami kerusakan. “Nanti kami akan segera perbaiki pembatas dermaga yang rusak,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments