Minggu, April 21, 2024
spot_img
BerandaCuacaTips Mengatasi Ular yang Masuk Rumah Ketika Musim Hujan

Tips Mengatasi Ular yang Masuk Rumah Ketika Musim Hujan

CILEGON, BCO.CO.ID – Musim hujan biasanya menjadi musim menetasnya telur-telur hewan reptil yang berada di wilayah semak atau hutan. Pada musim ini, apabila kondisi alam yang rusak, akan memaksa para penghuni hutan untuk turun ke permukiman penduduk karena berbagai faktor.

Di Kota Cilegon sendiri biasanya warga di permukiman penduduk yang berbatasan langsung dengan hutan lebih sering menemukan ular masuk pekarang rumah ataupun masuk area dalam rumah. Namun karena masih banyak yang belum paham dengan kondisi ini, hewan-hewan reptil tersebut biasanya berakhir mati dibunuh warga.

Untuk mengantisipasi ketakutan itu, Komunitas Independen Reptile Cilegon (KIRC) berbagi tips bagaimana mengatasi hewan melata itu apabila masuk rumah. Selain mengusir dengan alat tertentu, meminta bantuan tim rescue dari Damkar atau komunitas hewan reptil sangat disarankan.

iklan

“Pakai alat biar safety, atau hubungi pihak terkait. Kalau dibunuh jangan juga, mereka (ular) enggak salah. Biasanya mereka turun ke permukiman itu karena habitatnya rusak atau karena faktor kekuarangan makanan,” kata Erik Beniardi, Ketua KIRC kepada wartawan, Minggu 27 Desember 2020.

Erik mengatakan, kepercayaan masyarakat dengan menaburkan garam guna menghindari ular adalah kebiasaan yang salah. Menurutnya, ular tidak akan mudah dijumpai apabila kondisi lingkungan bersih dan tertata rapi. Selain itu, aroma kapur barus sangat disarankan untuk mengusir ular dari rumah.

“Kapur barus kalau mau, jangan garam. Itu mitos. Selain lingkungan bersih dan rapi, ular tidak menyukai wewangian misalnya dari kapur barus itu,” imbuhnya.

Kendati demikian, saat ini pihaknya sudah sering mendapat laporan untuk melakukan penyelamatan terhadap ular-ular yang masuk ke dalam rumah warga. Selanjutnya, ular hasil tangkapan tersebut bakal menjalani karantina untuk dilepasliarkan lagi di alam bebas.

“Kalau ada yang punya kontak saya biasanya manggil buat di rescue. Kalau udah di rescue ukar dari alam liar kita karantina dulu, abis itu dilepasliarkan lagi,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments