Jumat, Juli 12, 2024
BerandaEkonomi BisnisSulap Belimbing Wuluh Jadi Manisan, Pelaku UMKM Puji DinkopUKM Cilegon Karena Ini

Sulap Belimbing Wuluh Jadi Manisan, Pelaku UMKM Puji DinkopUKM Cilegon Karena Ini

CILEGON.BCO.CO.ID – Belimbing Wuluh atau buah yang memiliki rasa asam yang begitu kuat, biasanya digunakan masyarakat untuk bahan campuran dalam mengolah masakan atau menghilangkan bau pada ikan dan daging yang akan diolah. Namun siapa sangka, di tangan lembut Dewi Sartika, ibu rumah tangga warga Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, buah tersebut ternyata bisa di olah menjadi cemilan yang tentunya bercita rasa manis dan segar juga bisa dinikmati semua kalangan. Cemilan satu ini juga sangat cocok disantap saat sedang berkumpul dengan keluarga.

iklan

Kepada BCO Media, pelaku UMKM ini menceritakan, bisnis manisan belimbing wuluh itu sudah dirintisnya sejak tahun 2018 lalu. Dewi mengaku, usahanya itu ditopang oleh ketersediaan buah belimbing wuluh yang melimpah dan banyak ditemukan di wilayah Kota Cilegon dan Serang. “Alhamdulillah, selama ini belum pernah beli. Karena teman-teman di Cilegon sampai Ciomas segala, selalu ngabarin kalau belimbing dibutuhkan,” kata Dewia Sartika, Jumat 2 Desember 2022.

Dikatakan, per hari ini saja ia sudah memproduksi manisan belimbing wuluh sebanyak 17 kilogram. Selain itu, ada juga produk lain yang dihasilkan di antaranya, Syrop Belimbing Wuluh, Moringa Tea (Teh Daun Kelor), Bidara Herbalife (Teh Daun Bidara), dan Sambal D’nata (Sambal Kemiri).

Meskipun begitu, Dewi bilang, usahanya ini tak lepas dari campur tangan Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon yang membantunya melebarkan sayap bisnisnya tersebut. Dari bantuan DinkopUKM Kota Cilegon itulah, Dewi bisa menjajakan produknya di sejumlah geraia seperti, Gerai Koperasi Sankyu, Koperasi KBS, Koperasi KTI, Koperasi Cahaya Kalbar, dan di Café Indologie. Ia juga dibantu oleh empat karyawan untuk produksi dalam memenuhi permintaan pasar. “Banyak banget, program pelatihannya yang luar biasa,” jelasnya.

Berikut harga produk buatan Dewi Sartika yang tentunya bersahabat di kantong, Manisan Belimbing Wuluh per 50 gram di jual dengan harga Rp15 ribu, Syrop Belimbing Wuluh ukuran 250 ml di jual dengan harga Rp22 ribu, Moringa Tea per 50 gram Rp25 ribu, Bidara Leaves Tea Rp20 ribu per 50 gram, dan Sambal D’Nata Rp25 ribu per 20 gram. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments