Home Industri Salah Paham, Warga Pendemo dan Polisi Hampir Bentrok di Gerbang PT Lotte...

Salah Paham, Warga Pendemo dan Polisi Hampir Bentrok di Gerbang PT Lotte Chemical Indonesia

CILEGON.BCO.CO.ID – Aksi saling dorong terjadi dalam unjuk rasa yang digelar di depan pintu gerbang PT Lotte Chemical Indonesia (LCI), Senin 23 Mei 2022. Ratusan masyarakat yang terdiri dari Kelurahan Rawa Arum, Kelurahan Warnasari, dan Kelurahan Gerem tersulut emosinya saat Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Faturrohmi hadir di tengah-tengah aksi.

Faturrohmi yang hadir sebagai perwakilan masyarakat untuk melakukan mediasi dengan manajemen PT LCI terlihat masuk ke dalam gerbang PT LCI dengan mendapatkan pengawalan dari masyarakat.

Sementara masyarakat yang melihat dari luar gerbang menangkap sinyal bahwasanya Faturrohmi tidak diperkenankan masuk karena baru saja beberapa meter melewati gerbang, langkahnya tertahan oleh sejumlah petugas yang melaksanakan pengamanan.

Masyarakat yang melihat hal tersebut, dari kejauhan langsung tersulut emosinya dan mendesak maju mencoba menerobos pagar pengamanan yang dibentuk Polisi.

Orator yang berdiri di atas podium aksi dengan lantang menyerukan massa untuk merangsek masuk. “Saudara-saudara kalau anggota Dewan saja tidak diperbolehkan masuk, ini artinya Lotte tidak kooperatif dan sudah merendahkan kita semua. Kalau sudah begini, hanya ada satu kata. Lawan!!!,” serunya.

Kerusuhan pun tak dapat dihindarkan, petugas bergegas menambah personel untuk melakukan pengamanan. Aksi saling dorong diwarnai teriakan-teriakan dari seluruh peserta aksi menggelegar di depan pintu gerbang PT LCI.

Beruntung, sebelum kerusuhan berlangsung lebih jauh, Faturrohmi yang melihat hal tersebut langsung menghampiri para pendemo dengan mencoba menenangkannya. “Kepada masyarakat yang saya cintai, saya berada di sini merasa terpanggil atas ketidakadilan yang kita semua rasakan. Saya juga sama, setiap tahun rumah terendam banjir. Tapi kita semua hadir di sini untuk menyampaikan tuntutan dengan harapan bisa di akomodir. Jadi mari kita hindari aksi-aksi anarkis, jangan terpancing emosi. Saya di dalam bukan dihalang-halangi untuk masuk, tapi hanya menunggu kendaraan untuk masuk ke kantor. Jadi mohon tenang, kita akam perjuangkan tuntutan ini bersama-sama sampai semuanya di akomodir,” kata Faturrohmi kepada peserta aksi dan berhasil meredam emosi warga yang sudah tak mampu membendung amarah.

Diketahui, masyarakat Rawa Arum yang tergabung dalam Forum Rawa Arum Bersatu akan menggelar aksi unjuk rasa selama tiga hari, mulai Senin 22 Mei 2022 hari ini, hingga Rabu 24 Mei 2022.

Aksi tersebut digelar untuk menuntut hak masyarakat yang terdampak akibat proses pengerjaan proyek yang dilaksanakan oleh PT LCI.

Adapun tuntutan tersebut diantaranya menuntut tenaga kerja lokal, menuntut TJSL (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan), dan menuntut kesempatan usaha, bagi pelaku usaha di lingkungan sekitar. []