Jumat, Juli 12, 2024
BerandaPendidikanProgram BFS Bisa Bantu Warga Cilegon Kuliah di Luar Negeri

Program BFS Bisa Bantu Warga Cilegon Kuliah di Luar Negeri

BCO.CO.ID – Dinas Pendidikan dan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon, menyelenggarakan Beasiswa Full Sarjana (BFS) Fest 2023 yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Kamis 21 Desember 2023.

iklan

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan sejumlah perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi itu, Dindikbud Kota Cilegon juga menyiapkan stand 24 universitas yang telah bekerjasama dengan Pemkot Cilegon sebagai pilihan bagi pelajar yang saat ini masih duduk di bangku SMA/sederajat.

Ini dilakukan, untuk menarik minat calon mahasiswa baru khusus warga Kota Cilegon untuk berkuliah di perguruan tinggi pilihan yang dibiayai Pemerintah Kota Cilegon melalui program beasiswa full sarjana. Program ini bisa didapatkan, asalkan penerima memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pendidikan dan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila, optimis program beasiswa full sarjana dapat tercapai. Pasalnya kata Heni, di tahun ketiga penerapan program ini juga sudah mencapai 3000 orang.

“Targetnya kan 5000 orang, nanti di 2024 dan 2025. Insya Allah mudah-mudahan target ini bisa kita capai semuanya,” ujar Heni Anita Susila, Kadindikbud Kota Cilegon.

Selain membantu membiayai mahasiswa Cilegon yang berkuliah di 24 universitas yang bekerja sama dengan Pemkot, lanjut Heni, pihaknya juga turut membantu biaya kuliah mahasiswa di luar negeri. Saat ini, ada lima orang mahasiswa penerima manfaat program beasiswa full sarjana yang menuntut ilmu di Timur Tengah.

“Tahun ini ada lima orang mahasiswa yang belajar di Al Azhar Kairo (Mesir-Red), kemudian di Yaman. Sebanayak lima orang yang mendapatkan bantuan program beasiswa full sarjana, nilainya memang semua sama Rp3 juta per semester. Jadi kita bantu, dan Alhamdulilahnya kalau kuliah di Timur Tengah itu tidak terlalu memakan biaya yang besar juga,” jelasnya.

Lebih lanjut Heni berujar, ada tiga perguruan tinggi negeri yang telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Cilegon melalui jalur tidak mampu dan jalur berprestasi. Sementara untuk perguruan tinggi swasta, itu ada 21 yang tersebar di wilayah Banten, dan DKI Jakarta.

“Sedangkan untuk jalur mandiri, itu diperbolehkan di semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan jalur mandiri yang ke luar negeri itu diperbolehkan di semua perguruan tinggi di manca negara,” terangnya.

Untuk membiayai program yang masuk pada RPJMD 2021-2026, Pemerintah Kota Cilegon telah menyiapkan anggaran sebesar Rp120 miliar. Menurut Heni, program ini sangat membantu dan sudah dirasakan manfaatnya. “Ini sangat membantu masyarakat Kota Cilegon dan sudah dirasakan manfaatnya,” pungkas Heni.

Di tempat yang sama, penerima manfaat program beasiswa full sarjana yang kini berkuliah di Universitas Faletehan, Yeni Dwi Andini mengatakan, program tersebut sangat meringkan beban orang tua sehingga membuatnya lebih giat dalam mengeyam pendidikan. “Saya tahu adanya program beasiswa full sarjana dari Kaprodi di grup kelas dan ini sangat membantu meringankan orang tua,” katanya.

Mahasiswa jurusan manajemen ini mengatakan, sudah setahun lebih merasakan manfaat tersebut. Yeni juga bilang, dengan adanya program tersebut ia merasa terpacu untuk belajar dan meningkatkan IPK yang diraihnya. “Kita juga terpacu belajar lebih efektif untuk mendapatkan IPK di atas 3,” tutup Yeni.

Dalam BFS Fest 2023, Dindikbud Kota Cilegon juga menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama kaum pelajar yang sebentar lagi lulus dari SMA. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments