Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaEkonomi BisnisProduksi Kaos Sambil Sekolah, Pelajar SMK BCA Cilegon Raup Untung Puluhan Juta...

Produksi Kaos Sambil Sekolah, Pelajar SMK BCA Cilegon Raup Untung Puluhan Juta Rupiah

BCO.CO.ID – Remaja asal Lingkungan Ketileng Timur, Kelurahan Ketileng, Kecamatan/Kota Cilegon, bernama Bayu Bakhtiar (17) yang berstatus sebagai pelajar SMK Bahari Cilegon Abadi (BCA), mampu meraup keuntungan puluhan juta rupiah dari usaha jualan kaos yang dirintisnya sejak kelas satu SMP.

Karena jerih payahnya, nama Bayu bahkan diakui dan masuk jajaran 30 besar pengusaha pada Kompetisi Wirausaha Muda yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten pada Oktober 2023 lalu.

Kaos yang Bayu jual, merupakan kaos khusus anak muda dengan brand atau merk Brave. Dalam menjalankan bisnisnya itu, Bayu memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berjualan. “Kalau toko saya enggak punya, jadi jualan lewat media sosial aja. Kadang keliling anterin pesanan abis pulang sekolah atau sampai malam,” kata Bayu Bakhtiar, Selasa 9 Juli 2024.

Usaha jualan kaos dengan brand sendiri itu, dipilih Bayu karena kecintaannya terhadap dunia fashion anak muda yang banyak macamnya. Ia juga bekerjasama dengan perusahaan konveksi dari daerah lain yang membantunya membuat kaos.”Awal jualan itu pas Covid tahun 2020 lalu waktu saya kelas 1 SMP. Kalau strategi pemasarannya, selain di media sosial saya juga support event-event anak muda aja paling,” ujarnya.

Anak tunggal dari pasangan suami istri Apep dan Aiyuni ini bilang, ia menjual kaos merknya sendiri dengan harga Rp120 ribu. Hasilnya, Bayu mampu meraup keuntungan Rp20-Rp40 juta per bulannya. “Kalau harga mah pasaran bang, Rp120 ribu an. Kalau omzet per bulan itu Rp20-Rp40 juta, saya mah ingin Cilegon itu punya brand kaos sendiri makanya bisnisnya di fashion. Dan Alhamdulillah, kebanyakan yang pesan itu luar daerah,” lanjut Bayu.

Selain mengembangkan bisnis, Bayu juga saat ini aktif sebagai konten kreator Tiktok dan Instagram yang membahas soal perjalanan bisnis kaosnya. Ia juga turut menggandeng investor dari kalangan anak muda untuk meningkatkan produksi usahanya. “Selain jadi bisnis owner, saya juga selaku konten kreator di Tiktok dan Instagram membahas perjalanan bisnis saya,” tutupnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments