Rabu, Juli 24, 2024
BerandaEkonomi BisnisPengaruh Digitalisasi, Permintaan Kaos Kampanye Menurun di Cilegon

Pengaruh Digitalisasi, Permintaan Kaos Kampanye Menurun di Cilegon

BCO.CO.ID – Memasuki masa kampanye terbuka bagi para peserta Pemilu, permintaan pembuatan kaos partai atau Caleg di Kota Cilegon semakin menurun imbas dari pesatnya digitalisasi.

Pemilik usaha sablon dan konveksi Surga Kaos di Kelurahan Ciwedus, Firdaus bilang, permintaan kaos saat ini memang di dominasi untuk kepentingan Capres dan Cawapres dibandingkan dengan peserta Pileg. “Kalau dibandingkan 2019 lalu memang ada penurunan, karena kemajuan teknologi itu mempengaruhi habit orang untuk mengkampanyekan dirinya melalui media sosial,” terang Firdaus, ditemui wartawan, Selasa 5 Desember 2023.

Meskipun permintaan menurun, lanjut Firdaus, omzet atau keuntungan yang didapat dari usaha tersebut naik. Pasalnya, banyak masyarakat yang tertarik dengan ketokohan peserta Pilpres yang memesan kaos secara mandiri. Hal ini juga yang memacu usahanya untuk tetap kreatif menelurkan ide-ide desain yang unik sehingga tetap bisa bersaing secara kompetitif. “Kita bisa menjual sesuatu yang punya value, artinya harganya juga ikut naik,” jelasnya.

Dikatakan, usahanya sehari bisa memproduksi 600-1200 pcs kaos bergambar tokoh atau peserta Pilpres yang dibuat menggunakan mesin canggih sehingga mempercepat proses produksi. Dia juga mengaku, saat ini lebih banyak menerima permintaan pembuatan kaos dari pasangan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka yang dibuat menggunakan karakter unik dan lucu.

“Jadi lebih banyak kaos-kaos yang viral dengan desain gemoy, dan lebih banyak (orderannya-Red) pasangan nomor urut 02,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments