Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLalu LintasHasil Survei Sepekan, Dishub Catat 11.742 Kendaraan ODOL Melintas di JLS Cilegon

Hasil Survei Sepekan, Dishub Catat 11.742 Kendaraan ODOL Melintas di JLS Cilegon

CILEGON.BCO.CO.ID – Berdasarkan data kegiatan survei lalu lintas harian di ruas Jalan Lingkar Selatan (JLS) selama sepekan terakhir, Dinas Perhubungan Kota Cilegon mencatat, terdapat 11,742 unit kendaraan Over Load and Over Dimension (ODOL) berbagai jenis lalu lalang di lokasi tersebut.

Sementara untuk kendaraan roda empat dan kendaraan lain termasuk bus, angkot, hingga trailer jumlahnya mencapai 107,393 unit kendaraan. Kemudian untuk roda dua atau sepeda motor, jumlahnya tercatat sebanyak 72,442 unit.

Kabid Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Kamsel-LLAJ) pada Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Deny Yuliandi mengatakan, ribuan unit kendaraan ODOL yang melintas di JLS dan telah terdata itu kemudian selanjutnya akan dicari tahu kepemilikannya guna mensosialisasikan program Zero ODOL.

“Setelah kita melakukan pendataan tentu kita akan memberikan himabuan-himbauan terkait dengan rencana Zero ODOL yang akan diterapkan pemerintah,” kata Deny Yuliandi, kepada wartawan, Kamis 27 Juli 2023.

Dalam melakukan penindakan terhadap kendaraan ODOL, lanjut Deny, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian maupun pihak BPTD Banten. Ia berharap, akhir tahun nanti rencana tersebut bisa terlaksana. “Mudah-mudahan semuanya dilancarkan, dimudahkan. Akhir tahun kita sudah bisa melakukan tindak tersebut,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, JLS sendiri merupakan jalur yang kerap dilalui kendaraan dari tambang maupun kendaraan menuju wilayah industri. Ia juga mengaku, sering bersosialisasi kepada para pelaku transportasi tambang agar mematuhi aturan-aturan yang harus ditaati Bersama. “Setidaknya sosialisasi yang kami sampaikan ini agar supaya, mereka si pelaku transportasi tambang mengetahui dan mematuhi aturan atau kaidah-kaidah yang memang harus mereka penuhi terkait dengan aspek kendaraannya maupun dengan aspek tata cara pemuatannya,” pungkas Deny. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments