Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaPemerintahanGeger Cilegon Berpotensi Jadi Event Wisata Internasional

Geger Cilegon Berpotensi Jadi Event Wisata Internasional

CILEGON, BCO.CO.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon berencana membuat event (acara) tentang peringatan bernuansa sejarah. Bahkan tak tanggung-tanggung, hal itu juga diharapkan menjadi perhelatan wisata bertaraf internasional.

Kepala Disparbud Kota Cilegon Mahmudin menjelaskan, pihaknya sedang merencanakan adanya kegiatan festival peringatan Sejarah Geger Cilegon sebagai sejarah perjuangan.
“Intinya kita buat planing untuk mengenang Geger Cilegon, itu (event-red) ada apa saja acaranya sudah direncanakan dan sudah ngobrol dengan budayawan. Semoga saja kedepan menjadi ajang festival dan pada saat peristiwa wisatawan berbagai negara datang ke Kota Cilegon,” kata Mahmudin, Kadisparbud Kota Cilegon, Kamis 04 Maret 2021.

Rencana event tersebut, lanjut Mahmudin, agar peristiwa sejarah Geger Cilegon benar-benar dibangkitkan. Pihaknya juga akan segera meminta arahan kepala daerah untuk menindaklanjuti wacana itu. “Kegiatan semeriah mungkin karena ini peristiwa sejarah yang monumental di Kota Cilegon. Agar masyarakat mengetahui Sejarah Geger Cilegon,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kota Cilegon Tini Suswatini menyebutkan, cagar budaya Geger Cilegon juga memiliki potensi sebagai destinasi wisata napak tilas sejarah yang mendunia. Hal itu hampir sama dengan Jogja International Heritage Walk. “Kedepan bisa juga dibuat napak tilas tentang perjalanan sejarah, dari mulai rumah tempat Ki Wasid, sampai pada tempat pemberontakan di rumah dinas. Bahkan, sampai Gunung Santri tempat Ki Wasid dan Syehk Arsyad Thawil. Seperti festival di Jogja,” tuturnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments