Jumat, Juli 12, 2024
BerandaEkonomi BisnisDorong UMKM Naik Kelas, DinkopUKM Cilegon Fasilitasi Pembuatan NIB Gratis

Dorong UMKM Naik Kelas, DinkopUKM Cilegon Fasilitasi Pembuatan NIB Gratis

CILEGON.BCO.CO.ID – Dinas Koperasi dan UKM (DinkopUKM) Kota Cilegon terus berupaya mendorong pelaku UMKM agar naik kelas dengan cara taat perizinan seperti memiliki Nomor Induk Berusaha ataupun sertifikat Pangan Industri rumah Tangga (PIRT). Oleh sebab itu saat acara Expo Inkubasi Wirausaha 2022 yang berlangsung dua hari di Krakatau Junction, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, DinkopUKM memfasilitasi pelaku UMKM agar mendapatkan NIB secara gratis dengan proses yang terbilang cepat.

iklan

Kasie Pemberdayaan UMKM pada DinkopUKM Kota Cilegon Teti Haryati mengatakan, NIB sangat penting sifatnya sebagai legalitas bagi pelaku UMKM. Selain itu, pelaku UMKM juga wajib memilik NIB untuk menunjukkan bukti NIB berbasis resiko, berbasis Risk Based Approach (RBA). “Ya karena NIB itu penting karena sebagai legalitas usaha, makanya semua ditekankan UMKM mempunyai legalitas NIB,” kata Teti Haryati, Kasie Pemberdayaan UMKM pada DinkopUKM Kota Cilegon, Sabtu 10 Desember 2022.

Teti menjelaskan, NIB dan PIRT sifatnya sangat penting agar produk UMKM bisa masuk ke pasar atau ritel modern maupun untuk kebutuhan ekspor ke luar negeri. Artinya kata Teti, produk UMKM wajib memiliki standarisasi sertifiksi PIRT dan sertifikasi halal. “Bisa jadi lima menit, jika tidak ada kendala persyaratannya lengkap, Insya Allah lima menit langsung jadi. Gratis tidak di pungut biaya,” jelasnya.

Lebih jauh Teti bilang, di tahun 2022 DinkopUKM Kota Cilegon telah memfasilitasi 340 UMKM untuk mendapatkan PIRT. Sementara untuk tahun 2023 nanti, instansinya menargetkan 200 UMKM mendapatkan pelayanan PIRT. Pihaknya juga telah mendaftarkan 1300 untuk mendapatkan sertifikasi dari BPOM. “Kalau NIB sudah banyak Allhamdulillah, hampir semuanya sudah 50 persen 20 ribu UMKM sudah memiliki NIB, (Target-Red) tahun depan semua sudah mempunyai NIB sampai 2024,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments