Rabu, Juli 24, 2024
BerandaIndustriTuntun Pejabat Primkokas Diadili, Korban Sijaka Gelar Demo dan Istighosah

Tuntun Pejabat Primkokas Diadili, Korban Sijaka Gelar Demo dan Istighosah

CILEGON.BCO.CO.ID – Aksi massa dari puluhan pensiunan PT Karakatau Steel (KS) terhadap Primer Koperasi Karyawan Krakatau Steel (Primkokas), digelar, Senin, 30 Mei 2022 di depan kantor Primkokas di Krakatau Junction.

Didampingi anggota keluarga, puluhan pensiunan PT KS yang tergabung dalam Forum Korban Tabungan Sijaka Primkokas Krakatau Steel, kembali menuntut haknya kepada Primkokas untuk mengembalikan uang miliaran rupiah yang di investasikan pada program simpanan berjangka (Sijaka).

Selain keluarga, sejumlah aktivis yang tergabung dalam Front Daulat Pribumi (FDP) juga ikut dalam aksi tersebut dengan menggelar istighosah bersama.

“Saya setiap bulan harus pinjam untuk memenuhi kebutuhan anak-anak saya sekolah, mohon Bapak Direktur (PT KS) dan jajarannya, jangan mendzolimi anak yatim dan janda-janda. Tolong, ini uang kami sendiri loh pak, bapaknya (suami saya) sudah almarhum, kerja di KS 30 tahun, uangnya (dana pensiunnya) ditaruh (diinvestasikan) disini (di Primkokas) ratusan juta pak. Mudah-mudahan bapak direksi (PT KS) bisa mengembalikan uang kita semua,” ujar seorang Ibu saat menyampaikan keluhannya dalam aksi damai tersebut.

“Mamah saya sampai ngutang sana sini tau gak, kurang ajar,” sahut anak yang mendampingi si Ibu yang merupakan korban program Sijaka.

Sementara itu, koordinator aksi, Tahyar Bunyamin mengatakan, demo tersebut merupakan aksi damai untuk meminta perhatian kepada jajaran Direksi PT KS agar dapat mengembalikan uang para pensiunan yang telah diinvestasikan.

“Harapannya supaya uang itu bisa dikembalikan seluruhnya, karena kami semua sudah memperjuangkan ini mulai 2019 hingga 2022, sudah 3 tahun belum ada hasilnya,” jelasnya.

Tahyar megungkapkan, dirinya beserta para korban tabungan Sijaka sudah sering melakukan koordinasi dengan manajemen Primkokas. Bahkan, lanjutnya, sudah menempuh jalur hukum agar seluruh uang para pensiunan yang telah diinvestasikan dapat dikembalikan sepenuhnya.

“Pernah satu kali di tahun 2021 kami dibayar (dengan nilai yang tidak sesuai). Setelah itu kami kembalikan melakukan upaya, tapi belum juga membuahkan hasil sampai saat ini,” ujar Tahyar.

Di tempat yang sama, Presidium FDP Isbatullah Alibasja menyampaikan hal serupa. Pihaknya dan para korban yang tergabung dalam Forum Korban Tabungan Sijaka Primkokas Krakatau Steel, menuntut agar uang puluhan miliar yang diinvestasikan pada program Sijaka untuk dikembalikan seutuhnya.

Pihaknya juga meminta Direktur Utama (Dirut) PT KS Silmy Karim untuk turun tangan secara langsung menyelesaikan masalah yang terjadi di Primkokas.

“Kita ingin menyampaikan untuk yang terakhir kali kepada Silmy Karim sebagai Direktut Utama PT Krakatau Steel untuk turun tangan menyelesaikan perkara investasi bodong di Primkokas, kalau Silmy Karim tidak mampu menyelesaikan persoalan ini, lebih baik dia mundur secara tidak hormat,” tandasnya.

Selain itu, Isbatullah juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas dugaan tindak penipuan dan penggelapan dana para pensiunan PT KS yang diinvestasikan di program Sijaka Primkokas.

“Kita minta kepada aparat hukum, agar penjahat-penjahat yang berkerah putih di Primkokas ini harus dipenjara, harus menerima akibat dari kejahatan yang dia lakukan, kita terus akan laporkan ini, laporan sudah ada di Polda atas dugaan tindakan penipuan penggelapan yang dilakukan oleh oknum dan penjahat kerah putih di Primkokas ini,” tutupnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments