Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHukum & KriminalTerbukti Korupsi, Mantan Kadis LH Cilegon Divonis 2 Tahun Bui

Terbukti Korupsi, Mantan Kadis LH Cilegon Divonis 2 Tahun Bui

CILEGON.BCO.CO.ID – Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Serang menjatuhkan vonis terhadap Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Ujang Iing dengan hukuman 2 tahun penjara.

Ujang Iing dinilai terbukti bersalah dalam perkara korupsi pembangunan depo sampah di Kecamatan Purwakarta pada 2019 senilai Rp 934 juta.
“Menjatuhkan pidana terdakwa Ujang Iing 2 tahun dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan,” kata Slamet Widodo, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Serang, pada Senin 2 Januari 2023 lalu, dikutip dari detik.com

Selain itu, majelis hakim juga menilai Ujang Iing bersalah pada pengadaan depo sampah yang kemudian gagal total. Terdakwa bersalah sebagaimana Pasal 3 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dalam dakwaan subsider penuntut umum.

Ujang juga harus menyetorkan uang pengganti senilai Rp375 juta. Jika tidak dibayar harta benda disita atau pidana selama 1 tahun dan denda 3 bulan.

Kemudian, terdakwa kedua dalam perkara ini adalah Leo Handoko selaku direktur di PT Bangun Citra Alam. Leo divonis bersalah dan dihukum 1 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider 1 bulan.

Ia juga dihukum dengan uang pengganti Rp375 juta. Uang titipan dari terdakwa sebagai kerugian negara sebesar Rp375 digunakan sebagai untuk menutupi kerugian negara.

Di hadapan majelis, vonis yang dibacakan bergantian ini diterima baik oleh terdakwa Ujang Iing dan Leo Handoko. Sementara jaksa penuntut umum mengatakan masih pikir-pikir untuk banding atau tidak. “Menerima yang mulia,” kata Ujang dan Leo bergantian.

Hal yang memberatkan dalam korupsi pembangunan depo ini menurut majelis karena kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah. Majelis mempertimbangkan hal yang meringankan yaitu keduanya kooperatif dalam persidangan dan terdakwa kedua yaitu Leo telah mengembalikan uang pengganti. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments