BCO.CO.ID – Seorang pria berinisial DB (34) warga Panggarangan, Kabupaten Lebak, tewas ketika hendak mencuri kabel listrik milik PLN di Desa Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, pada Selasa 09 Februari 2021 lalu.┬áDalam menjalankan aksinya korban yang juga pelaku dibantu oleh kedua rekannya, yakni DR (29) dan KM (36).

Wakapolres Lebak Kompol Bambang Supeno menuturkan, saat kejadian DB memotong kulit kabel terlalu dalam hingga akhirnya menyebabkan aliran listrik dengan tekanan tinggi menyengatnya hingga tewas.

“Pelaku membelah kabel dengan pisau dan (mengecek listrik dengan) tespen. Pelaku terlalu dalam memotong (kulit kabel) nya, sehingga terkena (daleman) kabel dan kesetrum, terus meninggal dunia,” kata Kompol Bambang Supeno, Senin 15 Februari 2021.

DB bertugas memotong kabel menggunakan pisau. Kedua rekannya, KM dan DR bertugas mengawasi kondisi sekitar lokasi pencurian. Melihat kondisi DB yang tewas, kedua rekannya melarikan diri dari tempat kejadian. Jasad DB ditemukan warga dengan posisi tergeletak di samping jalan dan sempat dikira korban begal.

“Awalnya yang sempat heboh, pelaku yang meninggal ini dikira korban begal,” terang mantan Kabag Ops Polres Cilegon itu.

Sementara Kasatreskrim Polres Lebak Iptu Indik Rusmono mengatakan, saat dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan dilakukan pendalaman informasi, pihaknya menemukan bahwa DB berniat mencuri kabel listrik milik PLN. Hingga akhirnya KM dan DR ditangkap Satreskrim Polres Lebak.

“Pelaku sudah terorganisir, berkelompok, teman-temannya sudah di amankan di Polres Lebak,” ujar Iptu Indik Rusmono Kasatreskrim Polres Lebak.

Selanjutnya, kedua pelaku yang ditangkap terancam Pasal 363 juncto 53 KUHP, dengan ancaman penjara selama 9 tahun. []