Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaCuacaHujan Deras, 20 Rumah di Sukmajaya Terendam Banjir

Hujan Deras, 20 Rumah di Sukmajaya Terendam Banjir

CILEGON.BCO.CO.ID – Hujan deras yang mengguyur Kota Cilegon pada sore sampai malam hari menyebabkan puluhan rumah di wilayah permukiman padat penduduk atau tepatnya di Lingkungan Sawah, RT 01 RW 02, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, terendam banjir setinggi 40 centimeter, Sabtu malam 25 Desember 2021.

Ketua RW 02 Lingkungan Sawah Ashari mengatakan, air yang merendam 20 rumah warga tersebut berasal dari luapan sungai kecil yang dekat dengan wilayah penduduk. “Ada 20 rumah yang kebanjiran, kalau ketinggian air rata-rata 30-40 centimeter,” kata Ashari, kepada BCO Media.

Disebutkan, banyaknya ruko yang berdiri di jalur air ini juga membuat sungai kecil menjadi sempit. Sehingga katanya, air mudah meluap dan menggenangi permukiman penduduk. “Jadi banyak ruko di jalur kali itu sekarang jadi sempit, sebelum banjir kita sering gotong royong buat bersihin sampah di saluran air. Tapi karena ada bangunan ruko di beberapa titik enggak terjangkau,” ujarnya.

Menurutnya, wilayah ini merupakan kawasan langganan banjir karena lokasinya dekat dengan sungai. Saat lanjut Ashari, banjir yang menggenangi puluhan rumah warga berangsur mulai surut. “Ini kalau hujannya terus-terusan wilayah Rokal bisa banjir kang. Kalau sekarang agak surut,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, cuaca ekstrem berupa hujan deras yang disertai angina kencang dan petir ini turut membuat sejumlah pohon besar tumbang menutup jalan. Sedikitnya berdasarkan laporan warga, ada lima pohon besar tumbang imbas dari terpaan angina kencang saat hujan deras berlangsung. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments