Selasa, Juli 16, 2024
BerandaPendidikanHari Aksara Internasional, Dindikbud Gandeng DPK Cilegon Tingkatkan Literasi Masyarakat

Hari Aksara Internasional, Dindikbud Gandeng DPK Cilegon Tingkatkan Literasi Masyarakat

BCO.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Cilegon dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional, yang dirangkaikan pada acara Beasiswa Full Sarjana Fest 2023 di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Kamis 21 Desember 2023.

Pada kesempatan diskusi yang diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa itu, turut hadir Kepala DPK Kota Cilegon Ismatullah, Duta Baca Nasional Golagong, serta narasumber lain yang telah menorehkan prestasi di bidang literasi. Topik pembahasan pada diskusi juga terbilang menarik, pasalnya banyak pengetahuan terkait kebudayaan dan sejarah yang dipaparkan oleh narasumber yang berkompeten.

Kepala DPK Kota Cilegon Ismatullah menuturkan, visi dan misi soal literasi ada di dua instansi tersebut sehingga kolaborasi antar keduanya sangat penting dan berkaitan dalam meningkatkan literasi di Kota Cilegon. “Jadi saling sinergi dan dua dinas ini sangat sempurna dalam rangka meningkatkan indeks literasi di Cilegon,” ujar Ismatullah, Kepala DPK Kota Cilegon.

Dia menambahkan, kolaborasi keduanya juga harus terus berlanjut untuk saling mengisi dan saling menyempurnakan yang nantinya akan berpengaruh terhadap indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM). Katanya, IPLM di Kota Cilegon meningkat ke angka 143 persen yang artinya menunjukkan pertumbuhan yang sangat luar biasa.

Oleh sebab itu, Ismatullah bilang, pihaknya akan menambah taman baca masyarakat (TBM) di 43 kelurahan di Kota Cilegon yang saat ini baru tersedia 34 taman baca masyarakat. Ia juga menargetkan masing-masing RT memiliki satu TBM demi meningkatkan literasi masyarakat.

Adapun output yang didapat dari meningkatkan literasi, lanjut Ismat, adalah mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat. “Selain cerdas juga mensejahterakan, jadi kalau Cilegon ini ingin adil makmur dan sejahtera, maka IPLM-nya ditingkatkan. Karena orang yang banyak ilmunya itu akan, dijamin rezekinya, harkat martabatnya oleh Allah SWT. Jadi harus ditingkatkan dan diperbanyak lagi,” pungkasnya. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments