Minggu, Juli 21, 2024
BerandaEkonomi BisnisD'Mangku Farm Dibuka, Tempat Wisata Baru di Mancak yang Penuh Berbagai Jenis...

D’Mangku Farm Dibuka, Tempat Wisata Baru di Mancak yang Penuh Berbagai Jenis Pohon Durian

CILEGON.BCO.CO.ID – Setelah satu tahun melakukan proses pembangunan, D’Mangku Farm akhirnya secara resmi dibuka. Hal tersebut diketahui dalam acara tasyakuran dan soft opening D’Mangku Farm, Sabtu, 26 November 2022.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur D’Mangku Farm Tubagus Iman Ariyadi menyampaikan, D’Mangku Farm merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam dengan konsep glamour camping (glamping), outbond, dan rekreasi.

Di lahan seluas 4 hektar yang merupakan aset peninggalan almarhum orangtuanya tersebut, juga telah ditanami berbagai jenis pohon durian berjumlah 560 pohon yang terdiri dari durian Musang King, durian Hitam (koci), dan durian Bawor.

Iman juga menyampaikan, keberadaan D’Mangku Farm diharapkan bisa bermanfaat positif bagi lingkungan sekitar khususnya bagi masyarakat di Kampung Kemang, Desa Angsana, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang.

Untuk itu pihaknya berkomitmen, agar 90% tenaga kerja di D’Mangku Farm di prioritaskan merupakan tenaga kerja lokal yang ada di Desa Angsana. “Insya Allah bermanfaat dan bernilai ibadah. Selain itu, Mancak mempunyai potensi wisata alam yang sangat besar dan dengan hadirnya D’Mangku Farm akan menjadi cikal bakal bangkitnya perekonomian di wilayah mancak dengan konsep yang tentunya tidak menimbulkan resiko kerusakan alam tapi lebih kepada menjaga, memelihara, dan mempercantiknya agar bisa lebih bernilai dan mendatangkan manfaat bagi lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Dirinya meyakini, tenaga kerja dari masyarakat sekitar bisa dididik dan dilatih secara profesional jika diberi kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pelatihan.

Untuk itu dalam perekrutan yang sudah berjalan, pihaknya terlebih dahulu memberikan pelatihan terhadap masyarakat sekitar agar menjadi prioritas. “Saya yakin orang Mancak jika diberi pelatihan juga bisa profesional untuk bisa bekerja dan mengelola potensi wisata ini dan tidak akan kalah dengan kota-kota besar yang lainnya,” tandasnya.

Iman menambahkan, bisnis yang ia kelola bersama keluarganya itu akan terus dikembangkan guna meningkatkan kehidupan dan perekonomian masyarakat sekitar.

Untuk itu dirinya bertekad mendorong dan menjadikan Mancak sebagai ikon pariwisata di Banten yang tidak kalah dengan Kota serta Kabupaten lainnya.

Sementara itu, Ratu Ati Marliati sebagai salah satu owner menyampaikan, D’Mangku Farm secara resmi akan beroperasi mulai hari Senin, 28 November 2022. “Insya Allah Senin kita sudah mulai operasi dan untuk bisa menikmati sejumlah fasilitas yang ada disini cukup dengan membayar Rp25 ribu untuk tiket masuk dan dari harga tersebut sudah termasuk mendapatkan menu makanan dan minuman yang ada disini dan Insya Allah masih terjangkau,” jelasnya.

Ati menambahkan, untuk pengembangan, kedepan pihaknya akan menjadikan D’Mangku Farm sebagai wadah untuk menampung produk UMKM dari warga sekitar. “Nantinya apa saja yang bisa menjadi ciri khas dari produk UMKM lokal bisa kita tampung disini sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Di tempat sama, Kepala Desa Angsana Ahmad Nuriman menyambut baik hadirnya D’Mangku Farm di wilayahnya. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh D’Mangku Farm merupakan hal yang baru pertama kali dilakukan dan berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Biasanya banyak investor lain yang datang kesini hanya merusak lingkungan atau potensi alam yang ada dan menimbulkan konflik di masyarakat. Alhamdulillah dengan hadirnya D’Mangku Farm semoga bisa menjadi contoh bagi para investor lainnya yang akan berinvestasi disini,” ujarnya.

Dirinya mengaku bersyukur dan siap mendukung keberadaan destinasi wisata di wilayahnya. Ia juga mengungkapkan, selain destinasi wisata di Desa Angsana yang memiliki luas 737 hektar juga mempunyai potensi lainnya, seperti untuk perkebunan dan pertanian. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments