CILEGON.BCO.CO.ID – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DinkopUKM) Kota Cilegon menggelar acara Expo Inkubasi Wirausaha 2022 yang berlangsung di Krakatau Junction, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. Acara ini juga akan berlangsung dari hari Sabtu 10 Desember sampai dengan Minggu 11 Desember 2022.

Acara yang dipenuhi oleh 100 tenan pelaku UMKM turut menyuguhkan aneka kuliner hingga fashion yang tentunya murah dan berkualitas, acara ini juga dibuka dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Kepala DinkopUKM Kota Cilegon Agus Ubaidillah, Seketaris DinkopUKM Kota Cilegon Zakiyah, Kabid UMKM Eli Amaliyah, Kabid Koperasi DinkopUKM Kota Cilegon Esih Yundaesih, Kasie Pemberdayaan UMKM Teti Haryani, dan Camat Purwakarta Ikhlasin Nufus.

Pantauan BCO Media, 100 tenan yang ada di lokasi merupakan mitra inkubasi binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon. Para pelaku UMKM tersebut menyuguhkan produk yang mereka hasilkan dengan aneka kemasan serta rasa yang khas berkat pelatihan dari DinkopUKM Kota Cilegon.

banner iklan

Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta menyampaikan, acara tersebut merupakan puncak bahwa lembaga inkubator kewirausahaan mampu menunjukkan hasilnya. Katanya, ada hasil ini juga ada UMKM Kota Cilegon yang sudah menembus pasar nasional.

“Ini puncaknya, diperlihatkan bahwa inkubator itu enggak sia-sia tapi ada binaannya. Jadi hasil binaan ikubasi kita ini ditampilkan 100 UMKM, cukup bagus,” kata Sanuji Pentamarta.

Meskipun begitu, Sanuji menekankan, pelaku UMKM harus serius dalam mengelola digital marketing. Sebab, saat ini para pelaku UMKM masih menjalankan bisnis secara manual dari mulut ke mulut. Kemudian, pihaknya juga mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membantu UMKM di Kota Cilegon dalam memenuhi syarat produk yang dihasilkan. “Kami berharap UMKM kita dibantu penuh oleh BPOM, yang memenuhi syarat bisa dipercepat,” jelasnya.

Terlepas dari hal itu, Sanuji sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan. Oleh sebab itu, kedepan perlu persiapan lebih maksimal lagi guna menarik masyarakat agar datang dan bisa berbelanja di tempat ini. “Besok ada CFD, bisa sebagian pengunjung di dorong kesini untuk melihat UMKM kita,” tutup Sanuji.

Di tempat sama, Kepala DinkopUKM Cilegon Agus Ubaidillah mengatakan, Expo Inkubasi Wirausaha 2022 merupakan pilot project yang pertama diselenggarakan. Selain itu di tahun 2023 mendatang, DinkopUKM Kota Cilegon juga bakal menggelar event UMKM berupa Bazzar di 8 kecamatan yang ada di wilayah ini. “Tahun 2023 kita nanti ada namanya bazzar di 8 kecamatan yang baru kita agendakan,” ujar Agus.

Di lain sisi Agus menjelaskan, untuk semakin memajukkan UMKM instansinya bakal meningkatkan daya saing dari sisi akses pemasaran. Sebab, dari 20 ribu UMKM ada 80 persen usaha yang bergerak di bidang kuliner yang tentunya semua pelaku harus mendapatkan perhatian. “Artinya akses pemasaran pendidikannya kita tingkatkan lagi,” pungkasnya. []