Selasa, April 16, 2024
spot_img
BerandaHumanioraBuntut Suara Ledakan, Anggota Dewan Sidak PT Dover Chemical

Buntut Suara Ledakan, Anggota Dewan Sidak PT Dover Chemical

CILEGON, BCO.CO.ID – Komisi II DPRD Kota Cilegon melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Dover Chemical yang berlokasi di Jalan Raya Merak, KM 117, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Senin 28 Desember 2020.

Dalam kegiatan tersebut, anggota dewan meminta penjelasan manajemen terkait ledakan reaktor yang berada di plant resin area pabrik kimia yang sering bermasalah ini. Selain itu, anggota legislastif juga dengan tegas meminta perusahaan ini untuk memperhatikan kinerja agar ledakan tidak terulang lagi.

“PT Dover agar menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat. Keduanya juga kita meminta, agar kejadian-kejadian yang belakangan beberapa kali terjadi di PT Dover itu kedepan supaya intens lagi diperbaiki,” kata Faturohmi, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon kepada wartawan usai sidak.

iklan

Sementara, GM PT Dover Chemical Dade Suparna mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dari pekerjanya maupun masyarakat sekitar akibat peristiwa itu. Dade menjelaskan, kejadian ini berasal dari reaktor 4 dari 8 reaktor yang ada. Kendati begitu, kata Dade, pihaknya menduga ledakan itu karena adanya kesalahan dari pekerjanya alias human error.

“Itu baru analisa awal, kira-kira. Perkiraan saja, tetapikan analisa lebih detailnya kita harus lakukan analisa secara ilmiah juga dan secara data. Dan itu belum selesai dilakukan itukan hanya pandangan sementara saja,” ujar Dade.

Hingga kini PT Dover Chemical belum menghitung kerugian imbas ledakan yang menimbulkan bau gas kimia tersebut. Masih kata Dade, pihak perusahaan masih melakukan isolasi penanggulangan pasca insiden itu.

“Tentunya perlu waktu khusus juga untuk menganalisis hal itu,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, ledakan yang terjadi di PT Dover Chemical beberapa waktu lalu sempat membuat panik warga sekitar. Warga ketakutan lantaran melihat seng atap pabrik beterbangan dampak dari ledakan. Selain itu, bau gas sangat kuat membuat warga kesulitan bernafas dan membuat mata perih. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments