BCO.CO.ID – Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu yang dikirim melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Kota Tangerang Selatan dan meringkus dua tersangka pada hari Jum’at 22 Januari 2021 lalu. Operasi penggagalan tersebut dipimpin Kepala BNNP Banten Brigjen (Pol) Hendri Marpaung yang berkoordinasi dengan pihak keamanan bandara.

Dari hasil tangkap tangan kepada dua tersangka yakni NS (23) dan J (29) warga Aceh di Terminal III Kedatangan Bandara Soetta itu, petugas mendapati 1 kilogram sabu-sabu yang disembunyikan di dalam dua pasang sepatu. Kedua warga Aceh tersebut berangkat melalui jalur darat yang kemudian menumpangi pesawat Citilink dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Soetta.

Kepala BNNP Banten Brigjen (Pol) Hendri Marpaung mengungkapkan, upaya penggagalan pengiriman sabu-sabu itu berawal dari informasi masyarakat terkait adanya warga Aceh yang membawa sabu-sabu.

“Pada saat turun dari pesawat yang ditumpangi, petugas mengamankan dua orang penumpang kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan 8 bungkus narkotika jenis sabu dari dalam sepatu tersangka yang mana masing-masing tersangka membawa 4 bugkus,” papar Brigjen (Pol) Hendri Marpaung, Kepala BNNP Banten ketika menggelar Konferensi Pers Pengungkapan Tindak Pidana Narkotika di Serang, Rabu 27 Januari 2021.

Selain meringkus tersangka penyelundup sabu-sabu jaringan Aceh Banten, BNNP Banten juga meringkus dua tersangka pengedar narkotika Golongann I jenis Ganja di Kota Cilegon.

Maka dari itu para tersangka di kenakan pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika .dan di kenakan sanksi pidana dengan kurungan 4 tahun penjara atau 20 tahun penjara. []