Selasa, Juli 16, 2024
BerandaCuacaBegini Penjelasan PT ASDP Soal Cuaca Ekstrem di Pelabuhan Merak

Begini Penjelasan PT ASDP Soal Cuaca Ekstrem di Pelabuhan Merak

BCO.CO.ID – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengonfirmasi terjadi antrean kendaraan di area Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, akibat cuaca buruk yang berimbas ditutupnya dermaga IV dan VII pada Jumat dinihari 8 Maret 2024 mulai pukul 00.00 WIB.

Dalam keterangan resminya, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengakui, sebelumnya BMKG mengeluarkan peringatan dini level 2 karena cuaca memburuk dengan kecepatan angin mencapai 20-25 knot/s dari arah selatan ke barat daya dan menghasilkan gelombang tinggi yang terpantau dari pukul 22.00 pada Kamis 7 Maret 2024. Dampaknya, kapal mengalami sulit melakukan proses sandar dikarenakan adanya arus kuat ke arah Timur Laut dengan kecepatan berkisar 1,5-2 m/s.

“Melihat kondisi di lapangan dan menindaklanjuti peringatan tersebut, ASDP berkoordinasi dengan BPTD selaku regulator dan mitra kerja dalam memitigasi kondisi cuaca yang berdampak pada pelayanan untuk mengoptimalkan dermaga yang masih dapat beroperasi sesuai standar keamanan dan keselamatan,” ujar Shelvy Arifin, Jum’at sore 8 Maret 2024.

Shelvy bilang, ASDP menetapkan operasional di dermaga I, II, III, dan VI tidak menggunakan side ramp dalam proses bongkar muat. Sedangkan dermaga IV dan VII ditutup sementara mulai pukul 00.00 pada Jumat dinihari. Sementara dermaga V tidak beroperasi karena masih dalam kondisi perawatan sejak Rabu 6 Maret 2024.

“Setelah cuaca berangsur membaik, dermaga VII dibuka kembali pada pukul 06.30 WIB dengan mengerahkan KMP Amadea untuk melakukan proses muat kendaraan. Sementara dermaga IV baru beroperasi kembali pada pukul 09.00 WIB dengan KMP Trimas Fadhila setelah mendapat izin berlayar dari BPTD selaku regulator yang mengatur dan menetapkan jadwal operasi kapal,” imbuhnya.

Laporan terkini, pada Jumat siang pukul 11.00 WIB kondisi cuaca sudah berangsur membaik, dimana operasional layanan penyeberangan sudah kembali normal, dan kapal sudah mulai diberangkatkan kembali.

ASDP juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa dan masyarakat sekitar atas ketidaknyamanan akibat situasi yang terjadi. []

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments