BCO.CO.ID – Berdasarkan data yang tercatat pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan bahwa 94 persen wilayah di Indonesia dari 342 Zona Musim, saat ini telah memasuki puncak musim hujan seperti yang telah diprediksikan sejak Oktober 2020 lalu.

Puncak Musim Hujan sendiri bakal terjadi pada rentang waktu Januari dan Februari 2021. Untuk itu BMKG mengingatkan perlunya kewaspadaan terjadinya cuaca ekstrem. “Kami mengimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini,” kata Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG dalam keterangannya secara daring, Sabtu 23 Januari 2021.

Kepala BMKG menjelaskan, sebagian besar wilayah yang berada pada puncak musim hujan berada di sebagian Sumatera bagian Selatan, sebagian besar Jawa, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua. Puncak musim hujan di wilayah tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

Selain itu, pada periode musim hujan dan puncak musim hujan ini juga sering dibarengi dengan peristiwa cuaca ekstrem yang ditandai dengan tingkat curah hujan kategori tinggi dan sangat tinggi. Untuk wilayah Indonesia sendiri yang notabene negara tropis, saat ini dipengaruhi oleh Monsoon Asia yang sedang aktif.

Daerah Konvergensi Antar Tropis (ITCZ) memperlihatkan anomali yang mengarah pada penguatan curah hujan tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia. Fenomena La Nina saat ini juga masih aktif dengan Indeks yang mengarah ke kondisi normal pada bulan Mei 2021. []