Selasa, Juli 16, 2024
BerandaLalu LintasKunjungan ke Merak, Menhub Minta Pengelola Pelabuhan Waspadai Cuaca Buruk

Kunjungan ke Merak, Menhub Minta Pengelola Pelabuhan Waspadai Cuaca Buruk

CILEGON.BCO.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan catatan terhadap pelayanan Angkutan Nataru 2022-2023 untuk mewaspadai adanya potensi cuaca buruk. Berdasarkan laporan perkiraan BMKG, pada bulan Desember ini ada kecenderungan kondisi angin dan arus laut yang bergerak kencang.

“Gangguan cuaca ini akan mempengaruhi jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal menjadi tidak pasti. Untuk itu kita harus menjaga aktivitas penyeberangan dari dermaga demi keselamatan penumpang,” ujar Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, Sabtu 24 Desember 2022.

Selain kondisi cuaca ekstrem, Menhub juga menyebut ada kenaikan signifikan terhadap pengguna kendaraan roda dua. Oleh sebab itu, ia meminta berbagai pihak untuk memberikan bantuan agar pengendara sepeda motor tetap dalam kondisi prima. “Ada suatu kenaikan dari roda dua, oleh karenanya kalaupun nanti sudah jalan kita harus berikan suatu bantuan kepada saudara-saudara kita yang menggunakan roda dua itu,” pintanya.

Menhub juga meminta ASDP sebagai pengelola pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni agar dapat meningkatkan layanan terutama menjaga kelancaran proses keluar masuk kendaraan ke kapal, agar tidak terjadi kepadatan. Menhub juga mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring, agar perjalanan lebih lancar dan nyaman.

Di tempat yang sama, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, dalam rakor juga menyepakati berbagai rekayasa pelayanan dan pengaturan flow kendaraan dan juga tiket penyeberangan.
“Kita tingkatkan koordinasi terkait delaying system yang telah berhasil penerapannya saat Angkutan Lebaran lalu. Kini kita terapkan kembali di rest area arah Merak (KM 13,KM 43 dan KM 68) dan screening penumpang di sejumlah titik. Pastikan yang masuk pelabuhan sudah bertiket. Jika biasanya terjadi antrean di jalur arteri menuju pelabuhan, kini sirkulasi kendaraan semakin baik khususnya arus menuju Merak,” kata Firman.

Sementara berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 23 Desember 2022 pukul 08.00 WIB hingga 24 Desember 2022 pukul 08.00 WIB) atau H-2, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 31 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 53.344 orang atau naik 69 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 31.569 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 11.728 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-2 atau naik 47 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 7.960 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-8 hingga H-2 tercatat 286.696 orang atau naik 15 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 248.260 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 63.159 unit atau naik 9 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 58.128 unit. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments