Minggu, Juli 21, 2024
BerandaPendidikanHadapi Problematika Hidup di Perkotaan, Ini Peran Perpustakaan

Hadapi Problematika Hidup di Perkotaan, Ini Peran Perpustakaan

CILEGON.BCO.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon menggelar kegiatan yang mengangkat tema ‘Transformasi Perpustakaan dan Arsip Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Menuju Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat’ Rabu, 25 Mei 2022.

Kepala DPAD Kota Cilegon, Ismatullah mengungkapkan, pihaknya akan melakukan inovasi dalam setiap program kerjanya, salah satunya untuk mendukung berkembangnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial sesuai dengan visi misi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Ismatullah menambahkan, perayaan HUT Ke-15 DPAD Kota Cilegon juga dibarengi dengan HUT Perpustakaan ke-42 dan HUT Kearsipan ke-51.

Pihaknya berharap, dengan sejumlah inovasi yang dihadirkan, Pemkot Cilegon bisa membangun gedung DPAD yang baru yang lebih repsesentatif.

DPAD juga akan membentuk literasi digital untuk mempromosikan tentang produk yang dibuat para pelaku UMKM.

Untuk itu pihaknya telah melakukan MOU dengan PIWKU Banten dan Sanggar Seruling dalam rangka implementasi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang merupakan program dari Perpusnas RI.

“Sudah menjadi program prioritas pusat untuk Kota Cilegon. Pendampingan kegiatannya sedang berproses sesuai dengan problematika yang terjadi di wilayah perkotaan. Pada situasi kompleks itu, disinilah perpustakaan harus aktif dalam memberikan alternatif sebagai solusi untuk situasi kemajemukan masyarakat di Kota Cilegon melalui literasi, dengan harapan literasi menjadi langkah awal dalam memulai untuk membuka hati dari kejenuhan problematika kehidupan diperkotaan,” tandasnya. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments