Selasa, Juli 16, 2024
BerandaPendidikanCek Sekarang, Ini Jadwal PPDB SMP di Cilegon

Cek Sekarang, Ini Jadwal PPDB SMP di Cilegon

CILEGON.BCO.CO.ID – Sebanyak 9500 pelajar lulusan Sekolah Dasar (SD) bakal melanjutkan sekolah setingkat lebih tinggi atau tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk itu, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon bakal segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tanggal 20-25 Juni 2022 mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama pada Dindik Kota Cilegon Suhendi menjelaskan, PPDB tahun 2022-2023 masih menggunakan sistem seperti tahun sebelumnya dengan 4 jalur seleksi sesuai peraturan Kementerian Pendidikan.

“Seleksi zonasi kuotanya sekolah minimal 50 persen. Kemudian jalur afirmasi itu berlaku untuk keluarga kurang mampu, disabilitas atau lainnya itu minimal 15 persen. Lalu jalur perpindahan orang tua maksimal 5 persen dan sisanya jalur prestasi,” ujar Suhendi, Kabid Pembina SMP Dindik Kota Cilegon, Jumat malam 27 Mei 2022.

Dijelaskannya, PPDB saat ini juga bisa menggunakan sistem online yang kemudian akan diseleksi kembali pada saat penyerahan berkas. Untuk mengantisipasi masalah pada PPDB online, calon peserta didik baru diwajibkan membawa berkas saat verifikasi berlangsung. “PPDB tahun ini sama, kita online, kita ada aplikasi yang digunakan untuk mengirim data diri calon peserta didik baru,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari 9500 orang pelajar yang lulus dari SD itu tidak akan semuanya masuk ke SMP Negeri. Para pelajar itu nantinya bakal memilih sekolah sesuai minatnya masing-masing. “Kemarin perkiraan 3200 orang dari sekolah negeri. Realnya akan kita data kembali, sedangkan kalau dengan swasta bisa sampai 5000. Karena lulusan SD itu sekitar 9500 orang,” tutup Suhendi. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments