CILEGON, BCO.CO.ID – Sebanyak 5000 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten mulai tiba di Gudang Dinkes Kota Cilegon, Sabtu pagi 23 Januari 2021, sekitar pukul 10.00 WIB.

Vaksin yang diangkut oleh kendaraan boks tersebut dikawal sejumlah polisi dan TNI serta pihak Dinas Kesehatan. Setibanya di lokasi, ribuan dosis vaksin ini langsung dibawa masuk ke dalam gudang untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum di distribusikan ke sejumlah rumah sakit dan Puskesmas di seluruh Cilegon.

Plt. Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Cilegon dokter Febrinaldo mengungkapkan, kedatangan vaksin pada termin kedua tahap satu itu bakal menyasar tenaga kesehatan dan pejabat Forkopimda Pemkot Cilegon untuk dilakukan penyuntikan pada Senin 25 Januari 2021 mendatang. “Sasaran tenaga kesehatan kita itu 2500 orang,” kata dr Febrinaldo, kepada wartawan.

Febrinaldo menjelaskan, 5000 dosis vaksin nantinya bakal disuntikan kepada 2.500 orang tenaga kesehatan dengan dua kali tahap penyuntikan. “Kenapa 5000 dosis, karen itu dia disuntik dua kali. Pertama satu kali, nanti hari ke-14 di suntik lagi,” imbuhnya.

Selain itu, untuk menjaga keamanan vaksin tersebut, pihaknya bakal mengawasi proses distribusi ataupun penyimpanannya agar tidak terganggu oleh komponen-komponen lain yang merusak vaksin. “Kita ada tim yang akan mengawasi pendistribusian ataupun penyimpanannya. Kenapa kita distribusikan ke RS sama puskesmas dulu, karena tidak semua fasyankes memliki refrigerator vaksin,” tukasnya. []