Minggu, Juli 21, 2024
BerandaEkonomi BisnisHindari Jebakan Lintah Darat, PKL di Pasar Kranggot Bentuk Koperasi Bareng Dinkop...

Hindari Jebakan Lintah Darat, PKL di Pasar Kranggot Bentuk Koperasi Bareng Dinkop UKM Cilegon

CILEGON.BCO.CO.ID – Guna mengembangkan usaha dari para pedagang kaki lima serta untuk menghindari pinjaman dari lintah darat (Rentenir) yang memilik bunga pinjaman sangat tinggi, para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Kranggot bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Cilegon untuk membentuk Koperasi Pedagang Kaki Lima.

Ketua Koperasi PKL, Buang mengatakan, koperasi yang dibangun bersama para pedagang dan dinas terkait ini lantaran muncul dari perasaan yang sama. Yakni ingin sama-sama sejahtera tanpa harus dibayang-bayangi oleh rayuan pinjaman rentenir yang berbunga tinggi. “Kami miris udah 13 tahun jadi pedagang, kalau tidak punya modal minjem ke rentenir. Untuk pembiayaan modal itu tergantung rembukan dari pihak pengurus nanti rapat anggota. Mudah-mudahan nanti minim dari pinjaman rentenir yang ada,” kata Buang, Senin 05 Desember 2022.

Di tempat yang sama, Fugsional Pengawas Dinkop UKM Kota Cilegon, Muhammad Ibrohim Aji mengungkapkan, adanya koperasi di pasar merupakan salah satu solusi para pedagang untuk terhindar dari jeratan bunga rentenir. Diketahui, bunga yang dikenakan oleh rentenir yakni sebesar 20 persen di setiap pengembalian pinjamannya. “Koperasi adalah sebuah solusi sebenarnya di masyarakat kita hari ini. Rentenir itu luar biasa sekali, jadi makanya koperasi ini hadir untuk memberikan solusi. Ini kan dari kita, untuk kita, oleh kita” ujar Ibrohim Aji singkat. []

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine

Recent Comments